Sukses


Iwan Bule Pasrahkan Nasib Shin Tae-yong di Timnas Indonesia pada Ketua Umum PSSI yang Baru

Bola.com, Jakarta - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, menginginkan pelatih Shin Tae-yong diberi perpanjangan kontrak di Timnas Indonesia. Namun, Iriawan menyerahkan keputusan tersebut pada Ketua Umum PSSI yang baru nanti.

Masa depan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia menjadi perbincangan setelah Timnas Indonesia gagal menjuarai Piala AFF 2022. Padahal, kontrak pelatih asal Korea Selatan itu masih tersisa sampai Desember 2023.

Shin Tae-yong masih memiliki agenda untuk membuktikan diri pada Piala AFC U-20, Piala Dunia U-20, hingga Piala Asia. Mochamad Iriawan menyebut, pencapaian Shin Tae-yong sejauh ini bersama Timnas Indonesia sudah luar biasa.

"Namanya proses kan. Ya sekali lagi dengan situasi sepak bola kita yang baru bergulir setelah tiga bulan, Timnas kita rankingnya juga melonjak, 28 negara dilewati sudah luar biasa," kata Mochamad Iriawan.

2 dari 5 halaman

Ditentukan Hasil dan Ketum PSSI yang Baru

Mochamad Iriawan menyebut, event-event selanjutnya di Timnas Indonesia bakal menjadi panggung penentuan nasib Shin Tae-yong. Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu berharap Shin Tae-yong bisa memberikan hasil terbaik.

"Kita tunggu masih ada waktu Timnas kita. Doakan U-20dan senior ada kegiatan di Piala Asia," ucap Iriawan.

"Saya sampaukan ke Departemen Teknik sampai akhir kontrak. Akan tetapi, itu nantinya kan terserah Ketua Umum yang baru. Yang jelas kontraknya Desember berakhir," tegas Iriawan.

3 dari 5 halaman

Rapor Shin Tae-yong

Shin Tae-yong sejauh ini sudah memimpin Timnas Indonesia dalam 29 pertandingan di berbagai ajang. Pelatih 53 tahun itu berhasil memberikan 16 kemenangan, tujuh kali imbang, dan enam kali kalah.

Bersama Shin Tae-yong, Timnas Indonesia tampil agresif dengan mencetak 65 gol dan kebobolan 36 kali. Berkaca pada catatan tersebut, rapor Shin Tae-yong sebenarnya masih hijau bersama Timnas Indonesia.

Namun, tentu saja masyarakat sukat memakluminya bila tiada gelar yang dapat dipersembahkan. Kini, semua bergantung pada PSSI apakah masih bersabar pada Shin Tae-yong atau mencari sosok alternatif yang juga tak bisa dijadikan jaminan kesuksesan.

4 dari 5 halaman

Pencapaian dan Dosa

Pencapaian Shin Tae-yong

  • Perbaikan ranking FIFA Timnas Indonesia dari 173 ke 151
  • Meloloskan Timnas Indonesia ke Piala Asia 2023
  • Meloloskan Timnas Indonesia U-20 ke Piala Asia U-20 2023

Kegagalan Shin Tae-yong

  • Gagal memberikan gelar Piala AFF 2020
  • Gagal memberikan medali emas SEA Games 2021
  • Gagal memberikan gelar Piala AFF U-19 2022
  • Gagal memberikan gelar Piala AFF 2022
5 dari 5 halaman

Unggahan PSSI

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by PSSI (@pssi)

Video Populer

Foto Populer