Sukses


Mees Hilgers yang Kini Jadi Rebutan 3 Raksasa Liga Belanda, Sayang Sekali Tidak Berjodoh dengan Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Mees Hilgers mengejutkan publik, khususnya Indonesia, karena menjadi buruan klub-klub elite Belanda. Pemain berdarah Indonesia itu dibidik tiga klub sekaligus yakni PSV Eindhoven, Ajax Amsterdam, dan Feyenoord.

Ketertarikan ketiga klub Eredivisie terhadap Mees Hilgers bukan tanpa alasan. Sepanjang musim ini, Mees Hilgers tampil mengesankan bersama FC Twente dengan mencatatkan 21 penampilan di berbagai ajang.

PSSI pernah berusaha menaturalisasi Mees Hilgers pada 2022. Namun, upaya tersebut gagal karena mendapatkan penolakan dari sang pemain.

Lantas, siapa sesungguhnya Mees Hilgers? Berikut ini lima fakta menarik seputar pemain berdarah Indonesia tersebut yang dirangkum dari berbagai sumber.

2 dari 6 halaman

Darah Manado

Mees Hilgers lahir di Amersfoort, Belanda pada 13 Mei 2021. Dia punya garis keturunan Indonesia dari ibunya yang berdarah Manado, Sulawesi Utara.

Pemain yang posisi utamanya sebagai stopper tersebut juga punya nama khas Manado, yaitu Tombeng. Oleh karena itu, Mees Hilgers sempat berhasrat untuk bela Timnas Indonesia.

Namun, dalam perkembangannya, Mees Hilgers memilih untuk tetap menjadi warga negara Belanda. Dia menolak untuk dinaturalisasi.

3 dari 6 halaman

Akademi FC Twente

Mees Hilgers merupakan produk akademi FC Twente. Dia bergabung dengan klub tersebut pada tahun 2011 setelah sebelumnya menimba ilmu di Sparta Nijkerk.

Butuh waktu 9 tahun bagi Mees Hilgers untuk kemudian dipromosikan ke tim senior. Dia masuk skuad utama FC Twente pada bursa transfer musim panas 2020

Mees Hilgers baru mendapat kesempatan bermain secara reguler pada Eredivisie 2021/2022. Dia tampil sebanyak 24 kali setelah musim sebelumnya hanya diturunkan 3 kali.

4 dari 6 halaman

Bela Belanda U-21

Gagal bermain untuk Timnas Indonesia, Mees Hilgers memutuskan untuk membela Timnas Belanda. Dia masuk dalam skuad Belanda U-21.

Mees Hilgers telah melakoni debut bersama Timnas Belanda U-21 pada 23 September 2022. Dia diturunkan dalam pertandingan uji coba melawan Belgia U-21.

Adalah Erwin van de Looi yang memberikan kesempatan bagi Mees Hilgers untuk melakoni debut. Usianya kala itu adalah 21 tahun 4 bulan dan 10 hari.

5 dari 6 halaman

Kolega Xavi Simons

Di Timnas Belanda U-21, Mees Hilgers main bareng dengan salah satu bintang PSV Eindhoven, Xavi Simons. Akan tetapi, Simons lebih dahulu dipromosikan ke tim senior.

Ya, Xavi Simons juga sudah diboyong Timnas Belanda ke Piala Dunia 2022. Hanya saja, dia hanya tampil pada babak 16 besar melawan Amerika Serikat.

Jika Mees Hilgers bergabung dengan PSV Eindhoven, tentu akan kembali main bareng bersama Xavi Simons. Eks Paris Saint-Germain itu sudah menjadi andalan PSV.

6 dari 6 halaman

Pengujung Kontrak

Mees Hilgers menjadi rebutan klub raksasa Belanda karena kontraknya akan berakhir pada bursa transfer musim panas tahun ini. Dia terikat kerjasama dengan FC Twente hingga 30 Juni 2023.

Bek 21 tahun tersebut dipromosikan ke tim senior FC Twente pada bursa transfer musim panas 2020. Kontraknya hanya berlangsung selama 3 tahun.

Namun, ada opsi perpanjangan selama setahun. FC Twente mencoba mengaktifkan klausul tersebut, tapi belum ada jawaban dari Mees Hilgers.

Sumber: Berbagai sumber

Disadur dari: Bola.net (Mustopa El Abdy)

Video Populer

Foto Populer