Sukses


7 Pemain Timnas Indonesia U-20 dengan Nilai Pasar Termahal: Marselino Ferdinan Tembus Rp3,66 Miliar

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong, memanggil 30 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan. Agenda ini merupakan bagian dari persiapan menuju Piala AFC U-20 2023.

Pemusatan latihan Timnas Indonesia U-20 akan digelar di Jakarta pada 1-28 Februari 2023. Para pemain yang dipanggil merupakan langganan di Timnas U-20.

Hanya lima pemain yang mengisi wajah baru di skuat Timnas Indonesia U-20. Mereka adalah Brandon Scheunemann (PSIS Semarang), Hugo Samir (Persis Solo) dan Ahmad Raia (Persik Kediri), Arkhan Kaka (Persis Solo), dan SultHan Zaky (PSM Makassar).

Lantas, siapa saja pemain Timnas Indonesia U-20 yang memiliki nilai pasar termahal saat ini? Berikut ini tujuh di antaranya versi Transfermarkt.

2 dari 8 halaman

7. Zanadin Fariz

Zanadin Fariz memiliki nilai pasa 100 ribu euro (Rp1,6 miliar). Gelandang Persis Solo itu merupakan aset Timnas Indonesia U-20.

Pada level U-20, Zanadin sering menjadi andalan pelatih Shin Tae-yong di lini tengah. Zanadin dikenal sebagai tipikal gelandang kasual yang memadukan kualitas individu dan insting bermain.

Kemampuan komplet inilah yang menjadi kunci bagi Zanadin untuk jadi langganan Timnas Indonesia U-20. Menarik untuk menantikan aksinya bersama skuat asuhan Shin Tae-yong.

3 dari 8 halaman

6. Arkhan Fikri

Arkhan Fikri memiliki nilai pasar 100 ribu euro (Rp1,6 miliar). Jumlah itu sudah cukup layak bila melihat penampilan sang pemain.

Arkhan Fikri merupakan gelandang serang yang punya visi bermain jelas. Pemain berusia 18 tahun itu merupakan aset masa depan Arema FC.

Performa konsisten juga ditunjukkan Arkhan Fikri bersama Timnas Indonesia U-20. Wajar bila pelatih Shin Tae-yong tak bosan menggunakan jasanya.

4 dari 8 halaman

5. Hokky Caraka

Hokky Caraka saat ini memiliki nilai pasar 100 ribu euro (Rp1,6 miliar). Peningkatan jumlah tersebut diraih Hokky dalam setahun terakhir.

Hokky Caraka merupakan pemain andalan Shin Tae-yong di lini depan. Namun, performanya tak berbanding lurus dengan saat membela PSS Sleman.

Hokky terlihat kesulitan mencetak gol. Ini menjadi tantangan ke depan buat pemain berusia 18 tahun tersebut.

5 dari 8 halaman

4. Alfriyanto Nico

Alfriyanto Nico memiliki nilai pasar 100 ribu euro (Rp1,6 miliar). Gelandang Timnas Indonesia U-20 tampil gemilang bersama Persija Jakarta.

Penampilan konsisten bersama skuat ibu kota membuat pelatih Shin Tae-yong sering mengandalkannya di lini tengah. Nico merupakan pemain masa depan yang punya kualitas bermain bagus.

Tak sekadar membantu serangan dari sektor sayap, Nico juga bisa diandalkan untuk mencetak gol. Bisa dijamin dalam waktu dekat nilai pasar sang pemain bakal melesat.

6 dari 8 halaman

3. Kakang Rudianto

Bek Persib Bandung, Kakang Rudianto, memiliki nilai pasar 100 ribu euro (Rp1,6 miliar). Jumlah itu diraih setelah Kakang mendapatkan kesempatan bermain di Timnas Indonesia U-20.

Selain itu, Kakang juga dipercaya bermain di tim senior Persib Bandung. Performa mengilap yang dimiliki Kakang tentu saja berbareng dengan nilai pasarnya.

Saat ini, Kakang masih menjadi andalan di posisi bek tengah. Menarik untuk melihat penampilan dari pemain berusia 19 tahun itu.

7 dari 8 halaman

2. Ronaldo Kwateh

Ronaldo Kwateh menjadi pemain kedua dengan nilai pasar termahal di Timnas Indonesia U-20. Ronaldo Kwateh saat ini memiliki harga 175 ribu euro (Rp2,8 miliar).

Nilai Ronaldo Kwateh mengalami peningkatan dalam setahun terakhir. Penyebabnya karena sang pemain menembus skuat inti Madura United.

Ronaldo Kwateh juga bersinar dengan Timnas Indonesia U-20 dan mampu menebus skuat senior pada usia muda. Menarik untuk menyaksikan perkembangan dari pemain berusia 18 tahun itu.

8 dari 8 halaman

1. Marselino Ferdinan

Marselino Ferdinan menjadi pemain termahal yang ada di skuat Timnas Indonesia U-20. Pemain berusia 18 tahun itu saat ini memiliki nilai pasar 225 ribu euro (Rp3,66 miliar).

Nilai pasar Marselino mengalami tren peningkatan dalam setahun terakhir. Itu tak bisa dipisahkan dari penampilan apik Marselino bersama Persebaya Surabaya, Timnas Indonesia U-20, hinghga senior.

Namun, harga Marselino masih berpeluang berubah. Sang pemain kabarnya saat ini sedang menjalani trial bersama klub Belgia.

Video Populer

Foto Populer