Sukses


Kabar Trio Timnas Indonesia di Luar Negeri: Dampak Besar Asnawi di Jeonnam, Marselino Temui Sandy Walsh, Arhan Harus Bersaing

Bola.com, Denpasar - Trio Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam, Marselino Ferdinan, dan Pratama Arhan, memiliki kabar baru mengenai upaya mereka berkarier di luar negeri.

Asnawi Mangkualam Bahar sudah resmi diperkenalkan sebagai pemain baru klub K League 2, Jeonnam Dragons. Baru sehari diperkenalkan sebagai pemain anyar, Asnawi langsung memberikan dampak besar bagi klub barunya.

Pengikut Jeonnam di Instagram yang awalnya hanya sekitar 20 ribu follower, langsung melonjak lebih dari 3 kali lipat menjadi 65 ribu pengikut pada Sabtu (28/1/2023).

Selain itu, tidak ada waktu istirahat untuk Asnawi. Pada Jumat (27/1/2023), bek sayap Timnas Indonesia itu sudah harus menjalani program latihan fisik besama Kim Han-gil dkk. di Stadion Gwangyang.

Pelatih Jeonnam Dragons, Lee Jang Kwan, mengatakan jika bergabungnya Asnawi karena dia melihat sendiri kualitas pemain berusia 23 tahun itu ketika klub asuhannya bertemu dengan Ansan Greeners, klub Korea yang sebelumnya dibela oleh Asnawi.

"Dia punya kekuatan, kreativitas, dan kemampuan yang baik, serta mental yang bagus untuk besaing," ucap sang pelatih.

Sebagai pemain yang beposisi sebagai bek sayap, Asnawi harus besiap dengan persaingan yang ketat. Contohnya bek sayap Timnas Indonesia itu harus besaing ketat dengan Kim Soo-beom.

Pemain yang direkrurt dari Gimpo FC itu sudah bermain 16 kali bersama Jeonnam pada musim ini dan mencetak satu assist.

2 dari 3 halaman

Sampai di Belgia, Marselino Langsung Bertemu Sandy Walsh

Selain Asnawi Mangkualam yang menemukan klub baru setelah hengkang dari Ansan Greeners, Marselino Ferdinan juga mengikuti jejak teman-temannya untuk berkarier di luar negeri. Negara yang dituju Marselino adalah Belgia.

Dia sudah berada di Belgia. Ketika baru saja mendarat disana, Marselino langsung menemui Sandy Walsh. Wide attacker Persebaya Surabaya dan langganan Timnas Indonesia itu tidak sendirian. Dia ditemani sang agen, Dusan Bogdanovic.

Ketika Marselino memilih menuju Belgia, berbagai spekulasi muncul. Adik kandung pemain PSIS Semarang, Oktavianus Fernando, tersebut sempat dikaitkan dengan klub Belgia, K Beerschot VA. Namun, pihak klub sudah membantah.

Pada akhirnya Marselino disebut akan menjalani trial di Jong KAA Gent. Jong KAA Gent adalah tim muda dari KAA Gent yang pernah dibela gelandang Manchester City, Kevin De Bruyne.

Setiba di Jong KAA Gent, Marselino juga sudah melakukan serangkaian tes sebelum memulai trial. Menarik untuk menanti kabar terbaru Marselino di sana.

 

 
3 dari 3 halaman

Pratama Arhan Masih Bagian Tokyo Verdy: Perjuangan Mendapat Menit Bermain

Sempat dikaitkan dengan Persib Bandung, Pratama Arhan akhirnya menegaskan jika dia masih berseragam klub J League 2, Tokyo Verdy.

Beberapa saat yang lalu, Tokyo Verdy sudah menegaskan untuk tetap memakai jasa mantan bek sayap PSIS Semarang itu dan sudah diumumkan di akun Instagram resmi Tokyo Verdy.

Arhan juga sudah bergabung dengan Tomohiro Taira dkk. dalam pemusatan latihan yang digelar oleh Tokyo Verdy sejak 15 Januari 2023.

Sebelumnya sempat beredar isu jika pemuncak klasemen sementara BRI Liga 1 2022/2023, Persib Bandung, meminati jasa Arhan.

Selain itu, Arhan perlu bekerja lebih keras daripada musim lalu di Tokyo Verdy. Dari data statistik, Arhan hanya mencatat satu kali penampilan pada musim lalu, yaitu ketika menghadapi Tochigi SC pada 6 Juli 2022. Ketika itu Arhan bermain selama 45 menit.

Video Populer

Foto Populer