Sukses


Demi Legacy, Iwan Bule Dapat Jaminan Tetap Kawal Piala Dunia U-20 2023 Selepas Turun dari PSSI

Bola.com, Jakarta - Calon Ketua Umum PSSI, La Nyalla Mattalitti, menjamin Mochamad Iriawan alias Iwan Bule dan juga Kemenpora tetap bisa mengawal Piala Dunia U-20 2023 pada Mei-Juni. Jaminan tersebut dimaksudkan agar memberikan legacy kepada mantan Plt Gubernur Jawa Barat tersebut.

Seperti diketahui, PSSI dan Menpora telah melakukan persiapan sedemikian rupa untuk keberlangsungsan Piala Dunia U-20. Ini sesuai dengan Keputusan Presiden (Keppres) dan Instruksi Presiden (Inpres).

Dalam bab Penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023, ada tiga penanggung jawab. Penanggung jawab untuk LOC atau panitia lokal dan prestasi Timnas adalah PSSI.

Adapun penanggung jawab infrastruktur adalah Menteri PUPR dan penanggung jawab dukungan terhadap penyelenggaraan, yakni Menpora Zainudin Amali. Menpora kemdian membentuk FIFA U-20 World Cup 2023 Organizing Committeea atau Komite Penyelenggara Piala Dunia U-20 2023 (INAFOC).

 

2 dari 4 halaman

Seharusnya Dilanjutkan Kepengurusan PSSI yang Baru

Melihat agenda PSSI pada 2023 ini, saat Piala Dunia U-20 berlangsung, maka semestinya sudah ada pengurus yang baru. Sebab, pada 16 Februari, akan berlangsung Kongres Luar Biasa (KLB).

Pada KLB PSSI, akan dilakukan pemilihan Ketua PSSI yang baru. Artinya, Iwan Bule sudah akan lengser pada Februari.

Namun demikian, satu di antara lima kandidat Ketua PSSI, La Nyalla Mattalitti, menegaskan bahwa ia tidak akan mencampuri urusan Piala Dunia U-20. Apa maksudnya?

 

3 dari 4 halaman

Untuk Legacy

Dalam keterangannya, La Nyalla Mattalitti menjamin bahwa saat ia terpilih sebagai Ketua PSSI, Iwan Bule dan Menpora akan dipersilakan meneruskan apa yang sudah dimulai.

"Kalau saya terpilih saya tidak akan mengganggu panpel yang sudah ditunjuk Iwan Bule dan Menpora," kata La Nyalla.

"Silakan, karena sebetulnya masa baktinya Iwan Bule itu sampai akhir tahun. Seharusnya beliau masih punya kesempatan melaksanakan legacy untuk Piala Dunia U-20. Makanya saya tidak mau ganggu."

 

4 dari 4 halaman

Siap Bantu Jika Dibutuhkan

Kemudian, lanjut La Nyalla, ia bersama pengurus PSSI yang baru akan memilih fokus membenahi aspek lain di persepakbolaan Indonesia.

Hanya saja, Ketua DPD RI ini siap turun tangan membantu jika dibutuhkan.

"Saya enggak mau nangani, biar Pak Iwan Bule, kita serahkan bersama Menpora supaya beliau ini punya legacy. Pengurus baru biar fokus yang lain saja. Kecuali kalau kita dimintain tolong baru kita turun tangan.

Video Populer

Foto Populer