Sukses


Deretan Pemain Timnas Indonesia dengan Taksiran Nilai Pasar Tertinggi: Sandy Walsh Teratas!

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia memiliki materi skuad dengan nilai pasar yang bervariasi. Dikutip dari Transfermarkt, market value skuad Garuda saat ini mencapai Rp109,07 miliar.

Track record masing-masing pemain di skuad Tim Merah-Putih ikut memengaruhi nominal harga pasar mereka. Makin hebat seorang pemain, maka makin tinggi pula harganya.

Namun, perlu diketahui nilai pasar yang tercantum di Transfermarkt bukanlah nominal kontrak seorang pemain. Melainkan nilai taksiran harga jual pemain berdasarkan banyak faktor, mulai dari performa di lapangan, pengaruh terhadap klub, hingga branding di luar lapangan.

Saat ini Sandy Walsh tercatat punya nilai pasar paling mahal di Timnas Indonesia. Menurut Transfermarkt, bek naturalisasi asal Belanda itu memiliki market value senilai Rp34,76 miliar. Sandy unggul jauh dari pemain Indonesia lainnya.

Sayang, Sandy hingga kini urung menjalani debut bersama Timnas Indonesia setelah dinaturalisasi pada November 2022 lalu.

Kesempatan itu sebetulnya datang kala Tim Garuda berlaga di Piala AFF 2022. Namun, gagal terealisasi karena tidak mendapat izin klub yang dibelanya, KV Mechelen.

Selain Sandy Walsh, siapa lagi pemain Timnas Indonesia saat ini dengan taksiran nilai pasar termahal? Simak daftar lengkapnya di bawah ini.

2 dari 6 halaman

Jordi Amat

Saat ini Jordi Amat tercatat punya nilai pasar sebesar Rp17,38 miliar. Bek naturalisasi asal Spanyol itu menjadi pemain Timnas Indonesia termahal kedua saat ini.

Sama seperti Sandy Walsh, Jordi Amat resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pada November 2022. Dia kemudian menjalani debut membela Timnas Indonesia pada ajang Piala AFF 2022.

Tepatnya ketika Tim Merah-Putih bersua Kamboja pada matchday kedua babak penyisihan grup.

3 dari 6 halaman

Marc Klok (Rp7,82 miliar)

Sementara di urutan ketiga ada gelandang Persib Bandung, Marc Klok. Eks pemain PSM Makassar dan Persija Jakarta itu masuk jajaran pemain bintang dengan nilai pasar fantastis.

Pemain kelahiran Belanda itu mempunyai banderol sebesar Rp7,82 miliar. Taksiran harga pasar itu cukup layak bagi seorang Marc Klok. Sejauh ini dia tampil impresif di level klub dan jadi andalan Timnas Indonesia.

Selain itu Klok juga pernah meraih gelar juara Piala Menpora 2021 bersama Persija Jakarta. Juga menjuarai Piala Indonesia 2019 saat berseragam PSM Makassar.

4 dari 6 halaman

Asnawi Mangkualam dan Ilija Spasojevic (Rp5,65 miliar)

Selanjutnya ditempati Asnawi dan Spaso. Untuk saat ini, kedua pemain tersebut dibanderol dengan nilai pasar sebesar Rp5,65 miliar.

Nilai pasar Asnawi Mangkualam melonjak pesat setelah bermain di Korea Selatan. Saat ini, dia bermain untuk klub kasta kedua Liga Korea Selatan, Jeonnam Dragons.

Sebelumnya bek berusia 23 tahun itu memperkuat Ansan Greeners di K League 2 selama dua musim terakhir. Asnawi tampil cukup mengesankan selama berkarier di Negeri Gingseng.

<p>Asnawi Mangkualam resmi bergabung dengan Jeonnam Dragons dengan kontrak berdurasi semusim. (dok. Jeonnam Dragons)</p>

Begitu juga dengan Ilija Spasojevic. Meski sudah memasuki usia kepala tiga, namun performanya masih oke. Soal urusan mencetak gol, kualitas Spaso tak perlu diragukan lagi.

Penyerang berusia 35 tahun itu sudah membukukan 11 gol untuk Bali United di BRI Liga 1 musim ini. Torehan ini mencatatkan namanya dalam jajaran top scorer sementara BRI Liga 1 2022/2023.

 

5 dari 6 halaman

Saddil Ramdani (Rp5,21 miliar)

Urutan keenam ada Saddil Ramdani. Saddil bermain untuk klub asal Malaysia, Sabah FC. Dia baru saja memperpanjang kontraknya bersama klub berjulukan The Rhinos itu hingga akhir musim 2023.

Berkarier di luar negeri membuat Saddil Ramdani punya banderol tinggi. Kini harga pasaran eks pemain Persela Lamongan itu mencapai Rp5,21 Miliar.

Kualitas Saddil tidak perlu diragukan lagi. Dia termasuk winger berkualitas yang dimiliki Indonesia. Tidak hanya jadi andalan Timnas Indonesia, Saddil juga tampil moncer bersama Sabah FC di Liga Super Malaysia.

Saddil mencatatkan 23 penampilan bersama The Rhinos. Menorehkan lima gol dan tujuh assist di semua kompetisi sepanjang musim.

 

6 dari 6 halaman

Nadeo Argawinata, Rizky Ridho, Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya (Rp4,78 miliar)

Ada empat nama yang memiliki nilai pasar yang sama, yakni Rp4,78 miliar. Kebetulan keempat pemain ini sebelumnya tampil cukup apik bersama Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2022 lalu.

Mereka adalah Nadeo Argawinata, Rizky Ridho, Rachmat Irianto, dan Ricky Kambuaya.

Rachmat Irianto dan Ricky Kambuaya kini bermain di satu tim yang sama yaitu Persib Bandung. Sedangkan Nadeo adalah penggawa Bali United dan Rizky Ridho membela Persebaya Surabaya.

Video Populer

Foto Populer