Sukses


Prediksi Komposisi Timnas Indonesia U-20 dengan Wajah Baru yang Dipanggil Shin Tae-yong: Menjanjikan!

Bola.com, Yogyakarta - Jika mempetimbangkan 30 nama pemain yang dipanggil Shin Tae-yong untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia U-20 untuk persiapan Piala Asia U-20 2023, bukan tidak mungkin komposisi susunan pemain Tim Garuda Muda mengalami perubahan.

Dari total 30 nama yang dipanggil Shin Tae-yong untuk TC di Jakarta pada 1 hingga 28 Februari 2023 itu, ada beberapa pemain baru. Pemain-pemain ini tentu memiliki kans untuk mencuri tempat di skuad Timnas Indonesia U-20.

Apalagi tiga pemain keturunan, yakni Ivan Jenner, Justin Hubner, dan Rafael Struick belum bisa tampil di Piala Asia U-20 2023 karena proses naturalisasinya belum tuntas.

Shin Tae-yong bisa saja memberikan kesempatan kepada pemain-pemain baru untuk mengisi komposisi sebelas pemain Timnas Indonesia U-20.

2 dari 5 halaman

Komposisi Lini Pertahanan

Sektor penjaga gawang Timnas Indonesia U-20 sepertinya masih akan diberikan kepada kiper muda Persija Jakarta, Cahya Supriadi. Nantinya, ada tiga bek sejajar yang akan mengawal jantung pertahanan.

Selama menjalani TC di Eropa pada tahun lalu, Shin Tae-yong kerap menggunakan skema 3-4-3. Jika dalam skema bertahan, bentuknya akan bergeser menjadi 5-4-1.

Tiga bek tengah yang diprediksi akan mengisi barisan ini adalah Muhammad Ferrari, Kakang Rudianto, dan Brandon Scheunemann.

Nama terakhir memang cukup potensial mendapatkan tempat. Shin Tae-yong tidak memanggil Ahmad Rusadi dan Justin Hubner untuk pemusatan latihan kali ini.

3 dari 5 halaman

Empat Pemain di Lini Tengah

Selanjutnya, dua pemain yang bakal dipilih Shin Tae-yong untuk mengisi lini tengah adalah Marselino Ferdinan dan Arkhan Fikri. Dua pemain ini bakal berduet menjadi distributor bola dan pengatur alur serangan.

Keduanya sudah terbukti menjadi andalan utama Timnas Indonesia U-20, mulai dari Piala AFF U-19 2022, Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, hingga TC jangka panjang di Eropa pada tahun lalu.

Keduanya akan ditopang dua pemain yang memiliki kecepatan di sisi sayap. Frengky Missa akan menjadi wingback kanan, sementara sektor kiri bakal dipercayakan kepada Dzaky Asraf.

 

 

4 dari 5 halaman

Trisula Lini Serang

Untuk lini serang Timnas Indonesia U-20, ketiadaan Rafael Struick yang masih menjalani proses naturalisasi membuat Shin Tae-yong memberikan tempat untuk pemain-pemain lokal.

Dua pemain sayap yang diprediksi bakal mendapat kesempatan adalah Ronaldo Kwateh dan Hugo Samir. Pemain yang disebut terakhir adalah wajah baru yang dipanggil dari Persis Solo Youth.

Kedua pemain yang punya kecepatan ini bakal menopang Hokky Caraka yang diprediksi mendapat peran untuk mengisi sektor ujung tombak.

 

5 dari 5 halaman

Prakiraan Susunan Pemain Timnas Indonesia U-20

Timnas Indonesia U-20 (3-4-3):

Kiper: Cahya Supriadi.

Pertahanan: Muhammad Ferarri, Brandon Scheunemann, Kakang Rudianto.

Lini Tengah: Frengky Missa, Marselino Ferdinan, Arkhan Fikri, Dzaky Asraf.

Lini Serang: Ronaldo Kwateh, Hokky Caraka, Hugo Samir.

Pelatih: Shin Tae-yong.

Video Populer

Foto Populer