Sukses


Cihuy! Indra Sjafri Pastikan Sandy Walsh dan Shayne Pattynama Bisa Debut dengan Timnas Indonesia di FIFA Matchday Maret 2023

Bola.com, Jakarta - Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri mengungkapkan bahwa dua pemain yang baru dinaturalisasi, Sandy Walsh dan Shayne Pattynama dapat melakoni debut dengan Timnas Indonesia dalam FIFA Matchday terdekat.

"Di FIFA Matchday Maret 2023, ada tambahan pemain untuk Timnas Indonesia yaitu Sandy Walsh dan Shayne Pattynama," ujar Indra Sjafri.

PSSI merencanakan Timnas Indonesia untuk beruji coba dua kali pada FIFA Matchday periode 20-28 Maret 2023.

Naturalisasi Sandy Walsh telah tuntas pada November 2022, namun bek berusia 27 tahun itu harus absen membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 karena tidak dapat bermain sepanjang turnamen.

2 dari 5 halaman

Tergantung Shin Tae-yong

Adapun, proses perpindahan kewarganegaraan Pattynama baru rampung pada bulan ini dan PSSI tengah memproses perubahan asosiasinya di FIFA.

Namun, peluang keduanya dapat bertanding dengan panji-panji Timnas Indonesia masih bergantung kepada keputusan pelatih Shin Tae-yong.

Jika Shin Tae-yong memilih untuk tidak memanggil keduanya pada FIFA Matchday Maret 2023, maka debut Sandy Walsh dan Pattynama bersama Timnas Indonesia harus tertunda.

3 dari 5 halaman

Kiprah Sandy Walsh dan Shayne Pattynama

Saat ini, Sandy Walsh masih beraksi untuk klub kasta teratas Liga Belgia, KV Mechelen dan telah membukukan 26 penampilan di musim ini plus tiga gol serta dua assist.

Sementara, Pattynama sedang dalam masa pramusim dengan tim level teratas Liga Norwegia, Viking FK. Pada musim lalu, bek berusia 24 tahun ini beraksi dalam 20 partai.

PSSI masih mencari lawan untuk Timnas Indonesia pada FIFA Matchday Maret 2023 dengan kriteria tidak jauh-jauh dari Curacao.

4 dari 5 halaman

Cari Lawan Sekelas Curacao

Curacao adalah negara berperingkat 86 ranking FIFA yang kalah dari Timnas Indonesia dua kali 2-3 dan 1-2 pada FIFA Matchday September 2022.

Per 22 Desember 2022, Timnas Indonesia masih menduduki posisi ke-151 ranking FIFA dengan 1033,9 poin pasca-tersingkir pada semifinal Piala AFF 2022.

Indra Sjafri akan mendiskusikan dengan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong untuk memilih lawan di FIFA Matchday Maret 2023.

5 dari 5 halaman

Penjelasan Indra Sjafri

"Jadi ada lawan yang memang kami bisa ambil poin dan lawan yang memang untuk meningkatkan kualitas Timnas Indonesia," imbuh Indra Sjafri.

"Siapapun lawan di FIFA Matchday, tetap hasil diskusi saya dengan coach Shin Tae-yong. Kami merancang meski prestasi di Piala AFF 2022 sedikit menurun."

"Lawan Timnas Indonesia di FIFA Matchday Maret 2023 mungkin tidak jauh dengan tim yang sekelas Curacao," ungkap Indra Sjafri.

Video Populer

Foto Populer