Sukses


5 Pemain Timnas Indonesia yang Sulit Bersaing di Luar Negeri dan Memilih Pulang ke Tanah Air: Terbaru Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman

Bola.com, Jakarta - Bermain di luar negeri tentu menjadi mimpi semua pesepak bola Indonesia. Namun, untuk bisa tampil konsisten dan punya karier cemerlang di luar negeri tidaklah mudah.

Dalam beberapa tahun terakhir, terjadi fenomena hijrahnya pemain Indonesia ke luar negeri. Sayangnya, hanya sedikit nama yang bisa bertahan di luar negeri karena ketatnya persaingan.

Sebut saja Saddil Ramdani bersama Sabah FA, Asnawi Mangkualam bersama Jeonnam Dragons, dan Pratama Arhan yang membela Tokyo FC. Ketatnya persaingan dan minim kesempatan bermain kerap menghantui karier pemain Timnas Indonesia itu di luar negeri.

Lantas, siapa saja yang akhirnya memilih pulang ke Indonesia karena tak kuasa bertahan? Berikut ini lima di antaranya pilihan Bola.com.

2 dari 6 halaman

Evan Dimas

Karier Evan Dimas di luar negeri hanya bertahan seumur jagung. Evan tercatat hanya bermain semusim bersama Selangor FA di Liga Super Malaysia pada 2018.

Evan tercatat mendapatkan kesempatan bermain 20 kali dan sukses mencetak dua gol. Namun, setelah itu Evan akhirnya memutuskan kembali ke Indonesia dan bergabung dengan Barito Putera pada 2019.

Sejak saat itu, Evan sudah berganti tiga klub. Sebut saja Persija Jakarta (2020-2021), Bhayangkara FC (2021-2022), dan membela Arema FC sampai saat ini.

3 dari 6 halaman

Andik Vermansah

Andik Vermansah awalnya punya karier gemilang bersama Selangor FA. Selama lima tahun Andik membela klub Malaysia tersebut.

Namun, kariernya mulai meredup ketika membela Kedah FA. Perjalanan karier Andik di Kedah hanya bertahan selama semusim dan berakhir pada 2019.

Andik kemudian kembali ke Indonesia dengan membela Madura United. Kini, Andik berseragam Bhayangkara FC dan masih aktif bermain di BRI Liga 1.

4 dari 6 halaman

Victor Igbonefo

Victor Igbonefo sudah bolak-balik membela klub luar negeri dan kembali ke Indonesia. Namun, yang terakhir terjadi pada 2019.

Ketika itu, Igbonefo harus mengakhiri kariernya di Thailand bersama PTT Rayong. Padahal, ketika itu pemain Timnas Indonesia mencatatkan 29 penampilan dan telah mencetak tiga gol.

Victor Igbonefo akhirnya kembali ke Indonesia dengan memperkuat Persib Bandung. Sampai saat ini, pemain 37 tahun masih jadi andalan Persib.

5 dari 6 halaman

Egy Maulana Vikri

Egy Maulana Vikri membuat kejutan pada bursa transfer Januari 2023. Pemain Timnas Indonesia itu secara mengejutkan memilih bergabung dengan Dewa United.

Egy mengakhiri petualangannya di Eropa setelah lima tahun berkelana. Kesempatan bermain diyakini menjadi alasan utama Egy memilih pulang ke Indonesia.

Secara keseluruhan, Egy sudah membela tiga klub di Eropa. Mereka ada Lechia Gdansk, FK Senica, dan Vion Zlate Moravce.

6 dari 6 halaman

Witan Sulaeman

Setengah tiga tahun merantau di Eropa, Witan Sulaeman secara mengejutkan membuat keputusan pulang ke Tanah Air. Witan Sulaeman memilih bergabung dengan Persija Jakarta.

Witan Sulaeman tercatat sudah berkelana bersama empat klub. Sebut saja Radnik Surdulica, Lechia Gdansk, FK Senica, hingga AS Trencin.

Kesulitan bersaing diyakini menjadi alasan utama Witan kembali ke Indonesia. Namun, Witan masih punya peluang untuk bermain di luar negeri sesuai dengan klausul kontraknya bersama Persija.

Video Populer

Foto Populer