Sukses


Persaingan di Bawah Mistar Gawang Timnas Indonesia U-20: Bukan Hanya Cahya Supriadi

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-20 menjalani pemusatan latihan di Jakarta mulai 1 Februari 2023. Tim Garuda Muda memang akan menghadapi dua turnamen penting yakni Piala Asia U-20 2023 pada Maret, dan Piala Dunia U-20 2023 tiga bulan berselang.

Shin Tae-yong sudah memanggil 30 nama untuk mengikuti program pemusatan latihan tersebut. Dari 30 pemain yang mendapatkan panggilan, ada empat di antaranya berposisi sebagai penjaga gawang.

Menariknya, hanya Daffa Fasya Sumawijaya yang menjadi nama baru di posisi penjaga gawang. Sementara Cahya Supriadi, Erlangga Setyo, dan Aditya Arya sudah menjadi langganan di Timnas Indonesia U-20. 

Sejak ditukangi Shin Tae-yong, Cahya Supriadi memang kerap kali menjadi andalan di bawah mistar gawang Timnas Indonesia U-20. Namun, kiper Persija Jakarta ini tak boleh jemawa.

Tiga kiper yang lain akan sangat senang hati menggusurnya dari posisi penjaga gawang nomor satu. Termasuk Daffa yang secara pengalaman memang kalah dari ketiganya. 

2 dari 5 halaman

Cahya Supriadi

Sejak Piala AFF U-19 2022, Cahya Supriadi terus jadi andalan utama di bawah mistar gawang Timnas Indonesia U-20. Namun, belakangan performanya sedikit menurun.

Terutama setelah ia mengalami cedera kepala saat bermain pada ajang Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Penampilannya di beberapa laga uji coba setelah insiden itu kurang meyakinkan.

Cahya Supriadi kini masih memperkuat Persija Jakarta. Ia menjadi deputi untuk penjaga gawang senior yang juga pernah menjadi langganan Timnas Indonesia, Andritany Ardhiyasa.

3 dari 5 halaman

Aditya Arya Nugraha

Aditya Arya Nugraha adalah deputi langsung bagi Cahya Supriadi di Timnas Indonesia U-20. Jika ada kiper yang paling siap menggeser posisi Cahya, Aditya adalah orangnya.

Kiper berusia 19 tahun ini sempat unjuk kemampuan saat bermain melawan Hong Kong pada Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Saat itu, Aditya mampu menepis sepakan penalti pemain Hong Kong.

Aditya Arya kini terikat kontrak bersama Persebaya Surabaya. Klub itu memang belakangan kerap menghasilkan kiper jempolan. Tak lama sebelum kemunculan Aditya Arya, ada sosok Ernando Ari Sutaryadi.

 
4 dari 5 halaman

Erlangga Setyo

Penjaga gawang dengan postur paling meyakinkan di skuad Timnas Indonesia U-20 saat ini. Pada usianya yang masih 18 tahun, Erlangga Setyo sudah menjulang tingginya mencapai 195 cm.

Namun, postur saja tampaknya tidak cukup bagi Shin Tae-yong. Buktinya, Erlangga masih kesulitan mendapatkan kepercayaan untuk tampil terutama di ajang resmi dari pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Kiper milik Persis Solo itu masih harus bekerja dengan lebih keras. Bukan tidak mungkin, ia mendapatkan tempat utama justru di Timnas Indonesia dengan level usia lebih tinggi.

5 dari 5 halaman

Daffa Fasya

Daffa Fasya merupakan kiper muda milik Borneo FC yang lahir di Jawa Barat pada 7 Mei 2004 atau 18 tahun silam. Ia lahir dengan nama lengkap Daffa Fasya Sumawijaya.

Daffa kini bermain untuk tim muda Borneo FC Samarinda. Ia bermain di klub tersbeut bersama dengan pemain Timnas Indonesia U-20 yang lain, Rabbani Tasnim.

Daffa Fasya memiliki momen menarik pada November 2022. Ia menepis tembakan pemain Prancis U-20 dalam sebuah laga uji coba yang berlangsung di Spanyol.

Video Populer

Foto Populer