Sukses


Marselino Ferdinan dalam Angka: Usia Masih 18 Tahun tapi Sudah 12 Caps di Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Rasanya tak ada habisnya bagi kita untuk membicarakan sosok Marselino Ferdinan. Pemuda 18 tahun ini terus disebut sebagai wonderkid paling menjanjikan di sepak bola Indonesia saat ini.

Marselino Ferdinan baru mengambil langkah besar dalam kariernya yang masih ada di fase sangat awal. Ia menerima tawaran untuk pindah ke Eropa.

KMSK Deinze menjadi tujuan Marselino. Pemain kelahiran Jakarta itu meninggalkan Persebaya Surabaya yang memberikannya pengalaman berharga merasakan atmosfer sepak bola profesional di Tanah Air.

Belgia tentu bukan negara yang mudah. Belakangan, perkembangan mereka cukup bagus, terutama di level Timnas.

Meski jika di level liga, Belgia masih kalah pamor ketimbang banyak negara lain di Eropa. Namun, yang pasti, level kompetisi sepak bola di tetangga Belanda itu lebih baik ketimbang di Indonesia.

Kita tentu sangat menanti aksi-aksi selanjutnya dari Marselino Ferdinan di Belgia. Namun, sebelum itu mari melihat kembali angka-angka menarik yang berhasil diciptakan Marselino selama menjalani karier di BRI Liga 1 dan Timnas Indonesia.

2 dari 5 halaman

Termuda

Marselino Ferdinan berhasil menjadi bagian dari beberapa rekor termuda. Misalnya di BRI Liga 1, ia menjadi satu di antara pemain termuda yang menjalani debut.

Ketika mendapatkan debut di BRI Liga 1 2021/2023, Marselino masih berusia 17 tahun dan dua hari.

Di level Timnas Indonesia, rekor Marselino untuk urusan termuda justru lebih hebat lagi. Ia tercatat sebagai pemain termuda yang mencetak gol untuk Tim Merah-Putih di ajang resmi.

Satu gol berhasil dicatatkan Marselino saat Timnas Indonesia mengalahkan Timnas Nepal 7-0 pada laga kualifikasi Piala Asia 2023, 15 Juni 2022. Saat itu Marselino masih berusia 17 tahun, 9 bulan, 5 hari.

3 dari 5 halaman

18 Tahun, 12 Caps

Marselino Ferdinan memang masih berusia 18 tahun. Usia itu baru ia masuki pada 27 Januari 2023.

Di usianya yang masih tergolong belia, Marselino sudah memiliki 12 caps bersama Timnas Indonesia senior. Adik dari Oktafianus Fernando ini juga sudah mengemas dua gol bersama skuad Garuda sejauh ini.

Tak hanya di level Timnas Indonesia senior, tenaga Marselino Ferdinan juga sangat dibutuhkan pada dua level Timnas Indonesia di bawahnya.

Yakni Timnas U-23 dan Timnas U-20. Marselino dalam waktu dekat akan sangat diandalkan saat Garuda Nusantara berlaga di Piala Asia U-20 2023 dan Piala Dunia U-20 di tahun yang sama.

4 dari 5 halaman

7 Gol dan 9 Assist

Persebaya Surabaya adalah klub pertama Marselino Ferdinan di level profesional. Ia menjalani debut bersama Bajul Ijo di BRI Liga 1 2021/2022.

Hingga memutuskan pindah ke KMSK Deinze, Marselino berkesempatan memainkan 30 laga bersama Persebaya di ajang resmi.

Pemain yang identik dengan nomor tujuh ini pun mampu mencetak tujuh gol dan sembilan assist selama berkostum lambang hiu dan buaya di dada.

Catatan penampilan, gol, dan assist itu sebenarnya bisa saja bertambah lebih banyak. Diketahui, Marselino kerap absenn membela Persebaya demi mengikuti pemusatan latihan bersama Timnas Indonesia di berbagai kelompok umur.

5 dari 5 halaman

Satu Gelar Individu

BRI Liga 1 2021/2022 menjadi musim debut Marselino Ferdinan sebagai pemain profesional. Musim debut itu akan ia ingat dengan baik.

Sebab, pada musim debutnya, ia mampu membantu Persebaya Surabaya bersaing di papan atas. Tim asuhan Aji Santoso saat itu menempati posisi kelima klasemen akhir.

Di akhir musim, Marselino juga mendapatkan gelar individu sebagai pemain muda terbaik. Ia mengalahkan nama-nama lain yang sebenarnya juga punya potensi.

Sejauh ini itu gelar individu resmi pertama yang berhasil diperoleh Marselino Ferdinan.

Video Populer

Foto Populer