Sukses


3 Bulan Jelang Piala Dunia U-20 2023, Menpora Minta PSSI Bentuk Panitia Lokal di Daerah

Bola.com, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, meminta PSSI segera membentuk panitia lokal di daerah untuk Piala Dunia U-20 2023. Langkah itu dilakukan untuk membantu menyukseskan event bergengsi tersebut.

Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 yang digelar pada Mei mendatang. Namun, tiga bulan jelang penyelenggaraan panitia lokal yang ada di daerah belum terbentuk.

Zainudin Amali berharap, pihaknya segera mendapatkan panduan dari PSSI untuk pembentukan panitia lokal di daerah. Nantinya, akan ada enam panitia lokal yang ada di Jakarta, Palembang, Solo, Surabaya, Gianyar dan Bandung.

Keberadaan panitia lokal di daerah dianggap bisa mendukung kesuksesan Piala Dunia U-20 2023. Nantinya, para panitia lokal itu akan memastikan seluruh kesiapan di daerah masing-masing.

2 dari 4 halaman

Masih Menunggu

Menpora Zainudin Amali menyebut, pihaknya masih menunggu pembentukan panitia lokal di daerah untuk Piala Dunia U-20 2023. Menurut Amali, pementukan itu akan dilakukan PSSI yang bekerja sama dengan Pemerintah Daerah.

Panduan pembentukan itu tetap berasal dari PSSI yang merupakan Local Organizing Committee (LOC) pada Piala Dunia U-20 2023. Zainudin Amali berharap, pembentukan panitia lokal di daerah bisa segera terealisasi.

"Jadi nanti itu ada panduan dari LOC dalam hal ini PSSI yang akan berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah untuk menentukan siapa-siapa yang jadi panitia daerah. Nanti ada panduannya dari LOC," kata Zainudin Amali.

3 dari 4 halaman

Berkantor di Indonesia

Zainudin Amali juga menyebut FIFA memantau secara intens persiapan Piala Dunia U-20 2023. Perwakilan FIFA bahkan disebut sudah mulai berkantor di Indonesia.

Selain itu, FIFA rutin mengirim perwakilan untuk memantau persiapan ke daerah yang menjadi venue Piala Dunia U-20. Zainudin Amali berharap, koordinasi antara pemerintah, FIFA, dan PSSI bisa berjalan seirama agar event bergengsi dunia itu bisa berjalan sukses.

Piala Dunia U-20 2023 rencananya akan digelar pada 20 Mei sampai 11 Juni 2023. Sebanyak 24 tim dari enam konfederasi akan bersaing pada ajang dua tahunan tersebut.

4 dari 4 halaman

Daftar Tim yang Sudah Lolos Piala Dunia U-20 2023

  1. Timnas Indonesia U-20
  2. Republik Dominika
  3. Guatemala
  4. Honduras
  5. Amerika Serikat
  6. Kepulauan Fiji
  7. Selandia Baru
  8. Inggris
  9. Prancis
  10. Israel
  11. Italia
  12. Slovakia

Video Populer

Foto Populer