Sukses


Hasil BRI Liga 1: Hujan Kartu, PSM Berikan Kekalahan Kelima untuk Arema

Bola.com, Jakarta - Hasrat Arema FC untuk memutus rantai kekalahan di BRI Liga 1 tidak terwujud. PSM Makassar yang jadi lawan di Stadion PTIK, Jakarta Selatan, Sabtu (4/2/2023) memberikan kekalahan kelima beruntun bagi Arema.

Gol tunggal Kenzo Nambu di menit 66 tak sanggup dibalas Arema.

Dalam laga ini, hujan kartu juga terjadi. Wasit Cahya Sugandi mencabut 2 kartu merah dan 9 kartu kuning. Ini sekaligus jadi bukti kerasnya laga ini.

Tensi tinggi juga disebabkan karena kondisi lapangan Stadion PTIK yang permukaannya kurang rata. Pemain kurang bisa mengontrol bola dan duel keras tak bisa dihindari.

Awal pertandingan, dua tim berupaya menjajaki kelemahan lawannya. Dari segi penguasan bola, sejak menit awal Arema FC mendominasi. Hanya saja serangan yang dibangun masih mudah dimentahkan lini belakang PSM.

2 dari 6 halaman

Alot

Hingga 15 menit berjalan, belum ada shot on target yang dilakukan kedua tim.

PSM punya momentum mengurung pertahanan Arema FC. Kontribusi Wiljan Pluim mulai terlihat dan membuat Juku Eja mengambil ball possesion. Namun, pertahanan Arema juga masih rapat. Sergio Silva dkk bisa mematahkan umpan yang masuk ke kotak penalti Singo Edan.

Memasuki menit 27, Arema menciptakan peluang. M. Rafli lepas dari kawalan dan mengirimkan umpan mendatar kedepan gawang PSM. Tapi sontekan Ilham Udin Armaiyn tidak mengarah ke gawang. Dua menit berselang, M. Rafli yang melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti. Namun bola masih menyamping dari gawang.

Ketika dua tim sulit memiliki peluang emas, duel-duel keras mulai terlihat. Wasit Cahya Sugandi juga rajin mencabut kartu dari kantongnya. Di menit 34, sudah ada 7 kartu kuning yang dikeluarkan. Gelandang Arema, Jayus Hariono menerima kartu kuning kedua saat itu. Sehingga dia harus keluar dari lapangan karena kartu merah.

3 dari 6 halaman

PSM Agresif

Unggul jumlah pemain, PSM lebih agresif memberikan tekanan. Di lini tengah, Arema hanya menyisakan Renshi Yamaguchi sebagai gelandang bertahan. Tapi mereka masih kesulitan mencetak gol. Sedangkan Arema sesekali melakukan serangan balik. Namun skor 0-0 bertahan hingga babak pertama usai.

Pada babak kedua, PSM memulai pertandingan dengan sebuah kerugian. Pelanggaran yang dilakukan Safrudin Tahar membuatnya diganjar kartu merah langsung. Wasit, Cahya Sugandi menganggap Safrudin melakukan pelanggaran berbahaya kepada Ilham Udin. Ini membuat dua tim berimbang dari jumlah pemain, 10 melawan 10.

Menit 59, Arema menambah daya gedor. Evan Dimas dan Dedik Setiawan dimasukkan. Menit 64, Dedik Setiawan mencuri bola dari penguasaan bek PSM, Yuran Fernandes. Dedik berhasil mengirimkan bola kepada Camara yang ada di depan kotak penalti. Tapi tendangannya masih menyamping.

4 dari 6 halaman

Gol PSM

Menit 66, PSM berhasil membuka keunggulan. Umpan Yakob Sayuri berhasil disambut sontekan Kenzo Nambu di dalam kotak penalti. Kiper Arema, Adilson Maringa tak sanggup menyelamatkan gawangnya dari kebobolan. Unggul 1-0 justru membuat PSM lebih agresif melancarkan serangan.

Sementara Arema seperti kehabisan tenaga mengejar kecepatan pemain sayap PSM. Yakob Sayuri dan Rizky Eka beberapa kali melakukan akselerasi.

Menit 73, Arema menambah satu penyerang untuk mengejar ketertinggalan, yakni striker yang kembali dari cedera lutut panjang, Kushedya Hari Yudo. Namun baru dua menit di lapangan, cedera lututnya kembali kambuh. Arema menariknya kembali dan memasukkan winger muda, Tito Hamzah.

Menit 79, peluang emas didapatkan Tito. Dia menerima bola dalam posisi bebas didalam kotak penalti. Tapi oemain 20 tahun ini memilih melepaskan tendangan keras dan justru melambung.

Pada pengujung pertandingan, Arema coba melancarkan sejumlah serangan. Tapi lagi-lagi tidak ada yang menemui sasaran. Skor 1-0 untuk keunggulan PSM bertahan hingga laga usai.

5 dari 6 halaman

Susunan Pemain

  • Arema FC (4-3-3): Adilson Maringa (kiper); Rizky Dwi, Sergio Silva, Bagas Adi, Ahmad Alfarizi (belakang); Renshi Yamaguchi, Jayus Hariono; M. Rafli (tengah); Dendi Santoso, Abel Camara, Ilham Udin Armaiyn (depan).
  • Pelatih: Javier Roca
  • PSM (3-5-2): Reza Arya Pratama (kiper); Yance Sayuri, Yuran Fernandes, Safrudin Tahar (belakang); Yakob Sayuri, Ananda Raehan, Akbar Tanjung, Kenzo Nambu, Rizky Eka (tengah); Wiljan Pluim, Everton Nascimento (depan).
  • Pelatih: Bernardo Tavares.
6 dari 6 halaman

Intip Posisi Tim Favoritmu

Video Populer

Foto Populer