Sukses


Mantan Sekjen PSSI Nugraha Besoes Tutup Usia

Bola.com, Jakarta - Mantan Sekjen PSSI, Nugraha Besoes, meninggal dunia pada Senin (6/2/2023) pukul 00.15 WIB. Pria yang mendapat julukan Sekjen PSSI abadi itu wafat pada usia 81 tahun di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (RS PON).

Nugraha Besoes diketahui pertama kali menjabat sebagai Sekjen PSSI pada era kepemimpinan Kardono dari 1983 hingga 1991. Dia kemudian melanjutkan tugas tersebut ketika PSSI dipimpin Azwar Anas dari 1991 sampai 1999.

Ketika Nurdin Halid terpilih sebagai ketua umum PSSI pada 2003 sampai 2011, perannya sebagai Sekjen PSSI semakin tak tergoyahkan. Secara keseluruhan, pria yang akrab disapa Kang Nug itu duduk di kursi sekjen PSSI selama 28 tahun.

Setelah mundur dari jabatan tersebut pada 2011, Nugraha Besoes tak pernah lagi berkecimpung di dunia sepak bola. Dia lebih banyak menghabiskan waktu bersama keluarga di rumah.

"Saya itu jadi Sekjen hampir 28 tahun. Awalnya saat pak Kardono, lantas Azwar Anas, dan terakhir di dua periode Nurdin Halid," ujar almarhum Nugraha Besoes dalam wawancara ekslusif dengan CNN Indonesia pada 18 April 2021.

 

2 dari 2 halaman

Pernah Menjadi Pesepak Bola

Nugraha Besoes lahir di Jakarta pada 4 Juli 1941. Sebelum berkecimpung di PSSI dan juga politisi Partai Golkar, Kang Nug pernah menjadi seorang pesepak bola sejak kecil.

Dia penah membela klub amatir di Jakarta, PS Setia, kemudian bergabung dengan PS UNI Bandung setelah memutuskan pindah ke kota Kembang. Nugraha Besoes juga sempat membela PSSI Junior, Persija Junior, dan Persib Junior.

Namun, kariernya di sepak bola tak berlangsung lama. Nugraha Besoes lebih memilih untuk menyelesaikan kuliahnya di Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran.

Kini, Kang Nug telah berpulang ke Sang Pencipta. Rencananya almarhum disemayamkan di rumah duka Perumahan Taman Alfa Indah Blok A II No 18 Joglo, Jakarta Barat.

Video Populer

Foto Populer