Sukses


Indonesia Dapat 2 Pengecualian dari FIFA untuk Piala Dunia U-20 2023, Apakah Itu?

Bola.com, Bandung - Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, menyebut FIFA memberikan dua pengecualian pada Indonesia saat menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Zainudin menyebut, FIFA mengizinkan diadakannya upacara pembukaan dan penutupan.

Pada Piala Dunia U-20 sebelumnya, negara penyelenggaran tidak mengadakan acara pembukaan dan penutupan turnamen. Namun, Indonesia sudah meminta izin dan mendapatkan dukungan dari FIFA untuk menyelenggarakan agenda seremonial tersebut.

"Ada satu hal yang berbeda pada Piala Dunia U-20. Di Beberapa negara sebelumnya, sebenarnya U-20 itu tidak ada seremonial pembukaan atau openingnya. Akan tetapi, khusus untuk Indonesia ini oleh Presiden FIFA, acara itu diizinkan," kata Zainudin Amali.

Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 yang digelar pada 20 Mei sampai 11 Juni 2023. Sebanyak 24 tim dari enam konfederasi di dunia turut dalam ajang dua tahunan tersebut.

2 dari 5 halaman

Digelar di SUGBK

Izin menggelar pembukaan dan penutupan Piala Dunia U-20 2023 sudah disampaikan Zainudin Amali ke Presiden FIFA, Gianni Infantino, ketika berjumpa di Qatar. Menurut Zainudin Amali, nantinya kegiatan tersebut akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

"Kita berbicara dan oke. Itu sudah diputuskan di SUGBK," tegas Zainudin Amali.

FIFA disebut terus memantau secara intens persiapan Piala Dunia U-20 2023. Perwakilan FIFA bahkan disebut sudah mulai berkantor di Indonesia.

3 dari 5 halaman

Sidak GBLA

Zainudin Amali juga berkesempatan meninjau kesiapan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, pada Minggu (5/2/2023). Sidak Zainudin Amali bersamaan dengan duel antara Persib Bandung kontra PSS Sleman di BRI Liga 1.

Stadion GBLA merupakan calon venue Piala Dunia U-20 2023. Zainudin Amali menyebut, sejauh ini persiapan yang dimiliki GBLA sudah bagus.

"Saya akan keliling ke beberapa tempat bagaimana penyelenggaraannya. Akan tetapi, dari yang saya dapat, penyelenggaraan di GBLA ini termasuk yang bagus," ucap Zainudin Amali.

4 dari 5 halaman

Belum Bisa Pastikan

Zainudin Amali belum bisa memastikan apakah Persib Bandung masih bisa terus menggunakan Stadion GBLA di BRI Liga 1. Seperti diketahui, sejumlah stadion yang akan jadi venue sudah disterilisasi.

"Kita lihat gini, yang menentukan tempat kan FIFA kemudian diturunkan pada LOC (PSSI), kita bicarakanlah. Sepanjang itu untuk kegiatan sepak bola, selama lapangannya tetap bagus dan tidak rusak, SJH kan venue utama, makanya itu yang dijaga betul, karena pertandingan banyak digelar di sana (SJH)," ucap Amali.

"Sementara Stadion GBLA adalah salah satu lapangan latihan. Kita belum tahu tim mana saja yang akan bermain di Bandung saat Piala Dunia U-20," tegas Zainudin Amali.

5 dari 5 halaman

Daftar Tim yang Sudah Lolos Piala Dunia U-20 2023

  1. Timnas Indonesia U-20
  2. Republik Dominika
  3. Guatemala
  4. Honduras
  5. Amerika Serikat
  6. Kepulauan Fiji
  7. Selandia Baru
  8. Inggris
  9. Prancis
  10. Israel
  11. Italia
  12. Slovakia

Video Populer

Foto Populer