Sukses


Beto Goncalves Doakan Marselino Ferdinan Sukses di KMSK Deinze

Bola.com, Jakarta - Dukungan mengalir deras kepada Marselino Ferdinan yang memutuskan berkarier di Eropa. Satu di antaranya datang dari eks pemain naturalisasi Timnas Indonesia, Beto Goncalves.

Seperti diketahui, Marselino Ferdinan resmi bergabung dengan klub kasta kedua Liga Belgia, KMSK Deinze pada 1 Februari 2023. Pemain berusia 18 tahun itu diikat kontrak dengan durasi 1,5 tahun.

Pemain berusia 18 tahun itu mengikuti jejak beberapa pemain Indonesia yang abroad atau berkarier di luar negeri. Sebut saja Asnawi Mangkualam (Korea Selatan), Pratama Arhan (Jepang), Elkan Baggott (Inggris), hingga Saddil Ramdani (Malaysia).

"Ya berita itu bikin hati saya gembira, karena selama di Indonesia 17 tahun saya jarang lihat pemain Indonesia punya ambisi main di luar negeri atau main di Eropa," ujar Beto Goncalves kepada Bola.com Minggu (5/2/2023) siang.

"Kemarin Asnawi pergi ke Korea Selatan, sudah bagus. Kalau dulu Irfan Bachdim ke Jepang juga bagus tapi kalau Eropa itu memang puncaknya. Kalau pemain kayak Egy Maulana juga pergi ke Eropa itu puncak," lanjutnya.

 

2 dari 5 halaman

Doakan yang Terbaik

Penyerang Madura United itu mendoakan yang terbaik untuk karier Marselino Ferdinan. Beto Goncalves juga berharap eks pemain Persebaya Surabaya itu sukses bersama KMSK Deinze.

Terlebih, kata Beto, persaingan di Eropa jelas lebih sulit. Sehingga dibutuhkan kerja keras dan tekad yang kuat.

"Saya sangat senang dan semoga Marselino sukses disana. Jadi pemain muda Indonesia harus punya ambisi untuk main di luar negeri," ucap Beto Goncalves.

"Mental seperti Marselino itu yang mau main ke luar negeri bisa ikut mengubah sepak bola Indonesia karena dia punya pengalaman di luar. Sangat bagus nanti bawa ke sini pengalaman yang baru di Indonesia," sambung pemain berusia 42 tahun itu.

 

3 dari 5 halaman

Jadi Contoh Pemain Lain

Yang pasti, Beto mengapresiasi langkah Marselino Ferdinan yang berani memulai petualangan barunya di Benua Biru.

"Pemain disini bisa termotivasi juga dan pergi keluar negeri, jadi pemain muda harus punya ambisi seperti itu. Pemain sepak bola harus punya ambisi," kata Beto Goncalves.

"Marselino jadi contoh baik untuk pemain lain nanti kalau dia bisa jadi jembatan untuk pemain lain pergi ke sana. Itu bagus saya suka, semoga bisa jadi contoh untuk yang lain," tambah dia.

 

4 dari 5 halaman

Lebih Banyak Pemain Abroad

Eks pemain Sriwijaya FC itu pun berharap akan lebih banyak lagi pesepakbola Indonesia yang mengikuti jejak Marselino Ferdinan. Sebab, menurut Beto, dengan banyaknya pemain yang berkarier di Eropa maka akan berdampak positif pula untuk Timnas Indonesia.

"Bisa jadi contoh untuk pemain lain karena kalian tahu sendiri bagaimana Indonesia masih jauh dari negara lain dalam sepak bola. Jadi kalau mereka mulai ikut liga yang kuat, jujur, dan seru nanti kalau pemain kembali ke sini mau main di Timnas, mereka bisa lebih matang," tuturnya.

"Lebih siap menghadapi tim kayak Thailand, Vietnam, dan Malaysia karena disana (Eropa) mereka akan menghadapi pemain-pemain dengan postur besar dan liga yang kuat. Jadi kalau mereka mau main di ajang kayak Piala AFF enggak akan kaget," pungkas Beto Goncalves.

5 dari 5 halaman

Persaingan di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer