Sukses


Pernah di CS Vise, Ini Pesan Alfin Tuasalamony untuk Marselino Ferdinan

Bola.com, Jakarta - Gelandang senior RANS Nusantara FC, Alfin Tuasalamony sangat gembira melihat Marselino Ferdinan hijrah ke klub Belgia.

Marselino akan memperkuat klub kasta kedua Belgia, KMSK Deinze.

"Sebagai pemain bola, tentu saya sangat senang ya jika ada pemain muda dari Indonesia yang bisa berkiprah di Belgia. Tidak semua pemain muda bisa mendapatkan kesempatan emas seperti Marselino. Selamat ya," kata Alfin Tuasalamony kepada Bola.com, Selasa (07/2/2023).

Alfin Tuasalamony tidak asing lagi dengan kompetisi di Belgia. Ya, pemain kelahiran Tulehu itu pernah lama bermain untuk salah satu klub disana.

2 dari 4 halaman

Jejak Alfin di Belgia

Alfin mulai mengenal Belgia bermula setelah lolos program Sociedad Anonima Deportiva atau sering disingkat SAD Indonesia di Uruguay pada tahun 2008 lalu.

Setelah itu, klub yang bermain di kasta kedua kompetisi Belgia, CS Vise, tertarik mendatangkannya setelah melihat Alfin Tuasalamony selama bersama SAD.

Selain Alfin Tuasalamony, ada pemain-pemain lainnya yang terpilih dan kini bermain di Liga 1 seperti Yandi Sofyan Munawar (Persikabo 1973), Syamsir Alam (Rans Nusantara FC) dan Yericho Christiantoko.

3 dari 4 halaman

Pesan untuk Marselino

Alfin pun berpesan, Marselino bisa segera adaptasi baik dalam hal penguasaan bahasa setempat, makanan, serta cara permainan tim yang dibelanya, KMSK Deinze.

"Yang pertama tentunya haus segera memahami bahasa setempat, kemudian dia bisa daptasi dengan makanan serta kondisi dalam tim. Yang paling utam itu ada dua, bahasa dan makanan. Karena, tentu saja berebda dengan di Indonesia," ungkapnya.

Meski harus segera adaptasi dengan ngera dimana ia tinggal saat ini, Alfin Tuasalmony optimistis Marselino bisa melaluinya dengan baik.

4 dari 4 halaman

Harus Yakin

Untuk di tim, Alfin mengaku tak ada bedanya dengan di Indonesia, terpenting Marselino harus yakin, karena kalau berbicara kualitas tentu saja sudah tidak diragukan lagi.

"Bahasa sepak bola itu global, yang penting mau bersaing dengan pemain-pemain lainnya. Dan saya yakin, Maselino bisa mendapatkan tempat di tim barunya, karena dia mempunyai kualitas yang bagus sebagai pemain muda," kata Alfin Tuasalamony.

Video Populer

Foto Populer