Sukses


3 Klub yang Paling Sering Gonta-ganti Pelatih di BRI Liga 1 2022 / 2023: Jangan sampai 3 Kali Ya..

Bola.com, Jakarta - Sejauh ini, tercatat ada sejumlah kontestan yang paling sering melakukan pergantian pelatih kepala di kompetisi BRI Liga 1 2022/2023.

Dari catatan Bola.com, sudah ada 12 nama pelatih di BRI Liga 1 musim ini yang harus mengakhiri kontraknya lebih cepat karena dipecat oleh pihak manajemen klub.

Nama juru taktik asing memang lebih mendominasi daftar ini mengingat ada delapan pelatih impor yang harus kehilangan pekerjaannya. Sementara itu, empat sisanya merupakan pelatih lokal.

Dari daftar nama-nama pelatih yang terdepak dari posisinya, tercatat ada tiga klub yang paling sering melakukan bongkar pasang di posisi pelatih kepala. 

Perubahan ini beberapa di antaranya memang cukup memberikan dampak positif. Namun, ada pula yang tak bisa berbuat banyak untuk mengatrol prestasi klubnya.

Berikut Bola.com menyajikan tiga klub tersebut. Ketiga tim ini sama-sama sudah dua kali ganti pelatih dan tentu jangan sampai tiga kali ya..

 

 

 

2 dari 5 halaman

Arema FC (Eduardo Almeida dan Javier Roca)

Klub terkini yang baru saja melakukan pergantian pelatih ialah Arema FC. Singo Edan harus berpisah jalan dengan pelatih kepala asal Chile, Javier Roca. 

Penyebabnya, performa Arema FC justru merosot belakangan ini. Tercatat ada lima pertandingan yang semuanya berakhir dengan kekalahan.

Sebelum mengakhiri hubungan kerja dengan Roca, Singo Edan sempat diarsiteki oleh pelatih asal Portugal, Eduardo Almeida, sejak musim lalu.

Namun, ketika BRI Liga 1 musim ini baru berlangsung delapan laga, Almeida terpaksa kehilangan pekerjaannya. Dengan kata lain, Arema FC sudah dua kali mengganti kursi pelatih kepala.

Untuk sementara ini, Jayus Hariono dan kawan-kawan diasuh oleh Siswantoro. Dari kabar terbaru yang beredar, Singo Edan bakal mendatangkan mantan pelatih PSMS Medan, I Putu Gede.

 

3 dari 5 halaman

PSIS Semarang (Sergio Alexandre dan Ian Andrew Gillan)

Klub kedua yang juga terhitung paling sering melakukan bongkar pasang staf kepelatihan di BRI Liga 1 2022/2023 ialah PSIS Semarang.

Pada awal musim ini, Mahesa Jenar diasuh oleh juru racik asal Brasil, Sergio Alexandre. Namun, eks-pelatih Persiraja Banda Aceh ini hanya bisa bertahan enam pertandingan.

Setelah itu, dia terusir dari Stadion Jatidiri. Sebagai gantinya, Mahesa Jenar memutuskan untuk menunjuk pelatih berkebangsaan Australia, Ian Andrew Gillan.

Ian sempat menukangi PSIS selama beberapa laga. Namun, ketika BRI Liga 1 memasuki putaran kedua, dia tak melanjutkan pekerjaannya.

Manajemen pun akhirnya menunjuk Muhammad Ridwan yang sempat menduduki peran sebagai Kepala Analis sekaligus Direktur Akademi PSIS Semarang.

Sampai saat ini, pemain asal Semarang yang juga berstatus sebagai legenda PSIS itu masih dipercaya untuk menjadi pelatih interim.

Hasilnya memang cukup oke. Tangan dingin juru racik berusia 42 tahun ini sukses membawa Mahesa Jenar meraih tiga kemenangan dan satu kekalahan dari empat laga.

 

4 dari 5 halaman

Barito Putera (Dejan Antonic dan Rodney Goncalves)

Klub ketiga yang juga paling rajin memecat pelatih kepalanya di kompetisi BRI Liga 1 musim ini ialah Barito Putera. Sejauh ini, sudah ada dua juru racik asing yang jadi korbannya.

Pelatih pertama yang dipecat Laskar Antasari ialah Dejan Antonic. Lelaki asal Serbia ini memang tak bisa membawa Barito Putera tampil menggigit pada awal musim.

Sebab, dari enam pertandingan, klub asal Banjarmasin ini sudah dipaksa meraih empat kali kalah. Satu laga berakhir imbang dan satu lainnya menang.

Setelah itu, jabatan pelatih kepala dipasrahkan kepada Rodney Goncalves. Hasilnya memang tak jauh berbeda. Sebab, Laskar Antasari masih saja beredar di zona degradasi.

Dari 10 laga, Rodney hanya bisa memenangkan dua di antaranya. Lima laga lainnya berakhir imbang dan tiga sisanya kalah.

Sampai saat ini, belum ada pelatih definitif yang menukangi tim asal Kalimantan tersebut. Sebab, mereka masih menggunakan jasa Isnan Ali yang ditunjuk sebagai caretaker.

5 dari 5 halaman

Yuk Lihat Peta Persaingan

Video Populer

Foto Populer