Sukses


PSSI Respons Keinginan Menpora Undang Argentina dan Portugal ke Turnamen Mini Menghadapi Timnas Indonesia U-20

Bola.com, Jakarta - Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri belum dapat memastikan apakah Argentina U-20 dan Portugal U-20 bisa mengikuti turnamen mini bentukan Timnas Indonesia U-20.

Timnas Indonesia U-20 akan menggelar turnamen mini di Jakarta pada 17-22 Februari 2023 sebagai persiapan menuju Piala Asia U-20 dan Piala Dunia U-20 2023.

PSSI telah mengundang tiga peserta Piala Dunia U-20 2023, Fiji, Guatemala, dan Republik Dominika sebagai lawan Timnas Indonesia U-20 di turnamen mini.

"Mungkin untuk 17-22 Februari 2023, apakah keburu atau tidak terkait Argentina U-20 dan Portugal U-20," ujar Indra Sjafri kepada Bola.com.

2 dari 5 halaman

Penjelasan Indra Sjafri

Indra Sjafri mengungkapkan bahwa Fiji akan tiba di Jakarta pada 16 Februari 2023 untuk bersaing di turnamen mini, tapi tidak mengabarkan jadwal kedatangan Guatemala dan Republik Dominika.

"Yang sudah kami pastikan adalah Fiji, Guatemala, dan Republik Dominika. Fiji akan datang pada 16 Februari 2023," tutur Indra Sjafri.

Saat ini, Timnas Indonesia U-20 sedang menggeber pemusatan latihan di Jakarta pada 1-28 Februari 2022 dan memanggil total 30 pemain.

3 dari 5 halaman

Keinginan Menpora

Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainudin Amali menginginkan Argentina U-20 dan Portugal U-20 untuk dapat berpartisipasi di turnamen mini bersama Timnas Indonesia U-20.

"Kami menyiapkan turnamen mini. Beberapa negara telah kami hubungi. Mudah-mudahan bisa," imbuh Amali.

"Mimpi saya, sudah saya beritahu ke Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, belum tahu apakah coach Shin Tae-yong setuju atau tidak. Kami mengambil lawan-lawan yang kuat supaya anak-anak mendapatkan amtosfer yang bagus," tuturnya.

4 dari 5 halaman

Komunikasi dengan Dubes Portugal

Amali juga telah berkoordinasi dengan Kedutaan Besar (Kedubes) Portugal di Jakarta supaya diteruskan kepada Federasi Sepak Bola Portugal (FPF) agar Portugal bersedia menjajal kekuatan Timnas Indonesia U-20.

"Saya sih maunya mengundang Argentina. Mereka kan tidak lolos ke Piala Dunia U-20 2023. Kami suruh main saja melawan Timnas Indonesia U-20," jelasnya.

"Semalam, saya sudah berkomunikasi dengan Dubes Portugal. Saya bilang tolong komunikasikan ke FPF," ucap Amali.

5 dari 5 halaman

Argentina dan Portugal Tidak Lolos

"Portugal tidak lolos ke Piala Dunia U-20, kita undang sekalian ke sini. Misalnya Argentina bersedia bermain di turnamen mini, akan bagus buat kita," ungkap Amali.

"Ini cita-cita dan mimpi. Mudah-mudahan atas dukungan kita semua bisa terwujud. Timnas Indonesia U-20 bisa mendapatkan lawan yang bagus sekaligus persiapan ke Piala Dunia U-20," terang Menpora asal Gorontalo itu.

Video Populer

Foto Populer