Sukses


Proses Naturalisasi 3 Pemain Keturunan untuk Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2023 Sudah Setengah Jalan

Bola.com, Jakarta - Piala Dunia U-20 2023 tinggal tiga bulan lagi. PSSI terus mengebut naturalisasi tiga pemain keturunan untuk Timnas Indonesia U-20.

Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong meminta PSSI untuk menaturalisasi Justin Hubner, Ivar Jenner, dan Rafael Struick demi Piala Dunia U-20 2023.

Timnas Indonesia U-20 akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 pada 20 Mei-11 Juni 2023.

Utusan PSSI yang mengurus naturalisasi, Hamdan Hamedan mengabarkan bahwa pengajuan ketiganya tengah dalam peninjauan Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg).

2 dari 4 halaman

Penjelasan Hamdan Hamedan

Hamdan baru saja menjadi pembicara dalam Konsiyering Pewarganegaraan yang digelar Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) dan dihadiri perwakilan Kemensetneg pada 9-11 Februari 2023 di Jakarta.

"Satu di antara agenda pembahasan adalah terkait penelitian permohonan pewarganegaraan yang menyangkut tiga calon pemain naturalisasi untuk Piala Dunia U-20 2023," tulis Hamdan dalam akun Instagramnya, @hamdan.hamedan, Jumat (11/2/2023).

"Ketiganya adalah Ivar Jenners, Justin Hubner, dan Rafael Struick," jelas orang yang dipercaya oleh Ketua PSSI, Mochamad Iriawan ini.

3 dari 4 halaman

Keterangan Hamdan Hamedan

"Sebagai informasi, saat ini dokumen ketiga pemain tersebut sudah di Kemensetneg," imbuh Hamdan.

"Selain sedikit membahas tentang diaspora, saya juga membahas alasan naturalisasi berbasis kebutuhan Timnas Indonesia U-20 yang diminta resmi oleh coach Shin Tae-yong sebagai upaya penguatan menghadapi Piala Dunia U-20."

"Saya juga menjelaskan bahwa kualitas pemain yang hendak dinaturalisasi telah dicek betul oleh tim kepelatihan. Mereka pun akan terus berkarir di kompetisi Eropa sehingga harapannya kemampuan mereka dapat terus meningkat," terangnya.

4 dari 4 halaman

Alur Naturalisasi

Jika telah tiba di Kemensetneg, artinya naturalisasi Jenner, Hubner, dan Struick sudah di tengah jalan.

Alur naturalisasi dimulai dari PSSI, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Kemenkumham, Kemensetneg, Badan Intelijen Negara (BIN), Kemensetneg, Presiden, DPR, Keputusan Presiden (Keppres), dan pengambilan sumpah di Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham.

"Tujuan utamanya adalah dapat membantu meningkatkan prestasi Timnas Indonesia, baik dalam konteks ranking FIFA atau membantu timnas meraih trofi atau target tertentu," ungkap Hamdan.

Video Populer

Foto Populer