Sukses


3 Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia U-20 Harus Lalui 6 Tahapan Lagi untuk Tampil di Piala Dunia U-20 2023

Bola.com, Jakarta - PSSI berkejaran dengan waktu untuk merampungkan naturalisasi tiga pemain keturunan buat Timnas Indonesia U-20 supaya bisa bermain di Piala Dunia U-20 2023.

Ketiganya adalah Ivar Jenner, Justin Hubner, dan Rafael Struick yang sama-sama lahir di Belanda dan mempunyai garis keturunan Indonesia.

Ketua PSSI, Mochamad Iriawan telah mendapatkan kabar dari utusan PSSI, Hamdan Hamedan terkait proses pengajuan kewarganegaraan untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) bagi tiga calon pemain Timnas Indonesia U-20 itu.

Saat ini, dokumen Jenner, Hubner, dan Struick tengah ditelaah oleh Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Penjelasan Mochamad Iriawan

"Kemarin saya mendapatkan kabar baik dari bung Hamdan Hamedan," ujar Iriawan dalam akun Instagramnya, @mochamadiriawan84, Sabtu (11/2/2023).

"Tentang perkembangan terkini proses naturalisasi Ivar Jenner, Justin Hubner, dan Rafael Struick. Alhamdulillah, dokumen ketiganya kini sudah berada di Kemensetneg," jelasnya.

Iriawan mengungkapkan bahwa Jenner, Hubner, dan Struick tinggal melalui lima tahapan lagi untuk menyandang status sebagai WNI, termasuk penelitian dokumen oleh Badan Intelijen Negara (BIN).

3 dari 6 halaman

Alur Naturalisasi

Alur naturalisasi ketiganya dimulai dari PSSI, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), Kemensetneg, BIN, Kemensetneg, Presiden, DPR, Keputusan Presiden (Keppres), dan pengambilan sumpah di Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham.

"Artinya, apabila mengikuti alur, proses selanjutnya ialah dokumen mereka akan dikaji oleh BIN lalu dikembalikan ke Kemensetneg untuk disetujui oleh DPR," tutur Iriawan.

"Puncaknya adalah Keppres dari Pak Presiden Jokowi dan tinggal melakukan sumpah WNI di Kemenkumham," terang pria yang karib dipanggil Iwan Bule itu.

4 dari 6 halaman

Perpindahan Asosiasi

Setelah lima prosedur itu selesai, PSSI masih harus mengurus perpindahan asosiasi ketiganya di FIFA dari federasi sepak bola Belanda (KNVB) ke PSSI.

Seusai FIFA mengesahkan alih status ketiganya, Jenner, Hubner, dan Struick dapat membela Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2023 pada 20 Mei-11 Juni 2023.

"Dengan demikian, proses naturalisasi hanya tinggal sebentar lagi. Kita doakan agar semua berjalan dengan lancar," ungkap Iwan Bule.

5 dari 6 halaman

Sempat Berlatih Bareng

"Jujur saja, saya dan juga pencinta sepak bola Tanah Air pastinya sudah tidak sabar untuk menyaksikan mereka bisa bermain buat Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20," terang Iwan Bule.

Ketiganya sempat berlatih dengan Timnas Indonesia U-20 meski naturalisasinya masih berjalan. Bahkan, Hubner dan Struick turut bermain dalam uji coba di Spanyol pada November 2022.

6 dari 6 halaman

Unggahan Iwan Bule

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer