Sukses


Dear Pemain Indonesia, Ada Pesan Khusus Nih dari Roman Weidenfeller untuk Bisa Main di Jerman

Bola.com, Jakarta - Legenda Borussia Dortmund, Roman Weidenfeller, memberikan sejumlah saran untuk pesepak bola Indonesia agar bisa berkarier di Eropa, khususnya Jerman.

Kompetisi sepak bola Jerman, Bundesliga, dalam beberapa tahun terakhir dibanjiri pemain-pemain Asia. Mereka berasal dari Jepang, Korea Selatan, hingga Iran.

Menurut Roman Weidenfeller, bukan sesuatu hal yang mustahil bila pada masa depan ada pemain Indonesia yang berkarier di Jerman. Namun, pemain itu tentu harus melalui sejumlah persyaratan agar bisa menembus sepak bola Jerman.

"Harus kerja keras dan disiplin. Cintai yang kamu lakukan," kata Roman Weidenfeller dalam wawancara eksklusif dengan Bola.com.

2 dari 5 halaman

Gunakan Kesempatan

Selain itu, Roman Weidenfeller juga meminta agar pemain Indonesia bisa memanfaatkan kesempatan bila waktunya tiba. Jika semuanya berhasil dilakukan, Indonesia bisa memiliki perwakilan di klub Bundesliga pada masa depan.

"Bermainlah dengan passion. Kemudian tingkatkan kemampuan sepak bola dan gunakan kesempatan," ucap Weidenfeller.

"Mungkin nanti akan ada kesempatan untuk bergabung dengan kami di Bundesliga. Menjadi kiper atau pesepak bola profesional di Jerman," tegas kiper Borussia Dortmund rentang 2002 sampai 2018 itu.

3 dari 5 halaman

Resmikan Lapangan

Roman Weidenfeller mengunjungi Indonesia untuk meresmikan lapangan yang direnovasi dari proyek Bundesliga Common Ground. Proyek ini dilakukan berlokasi di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Bhinneka, Pesanggarahan, Jakarta Selatan.

Roman Weidenfeller menyambut baik adanya Bundesliga Common Ground di Indonesia. Kiper legendaris asal Jerman itu berharap kehadiran Bundesliga Common Ground bisa dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

"Ini event yang luar biasa. Semua orang bahagia dan terus tersenyum. Saya sangat bangga bisa menjadi bagian dari event ini," kata Roman Weidenfeller kepada Bola.com.

"Proyek seperti ini sangat penting untuk pemuda dan anak-anak. Ini membuka kesempatan untuk bermain sepak bola. Pada akhirnya, saya mengetahui secara langsung bagaimana orang begitu cintanya pada sepak bola," tegas Weidenfeller.

4 dari 5 halaman

Sosok Ramah

Bola.com berkesempatan melakukan wawancara eksklusif bersama Roman Weidenfeller. Kesan pertama yang didapat terhadap sang kiper adalah sosok yang ramah dan suka bercanda.

Ketika akan melakukan wawancara, Roman Weidenfeller yang memegang mic langsung beraksi sebagai jurnalis. Roman Weidenfeller langsung melayangkan pertanyaan ringan kepada Bola.com.

"Apa kabar? Siapa namamu? Sekarang saya yang bertanya padanya. Baiklah, saya akan katakan pertanyaannya," kata Roman Weidenfeller sembari tertawa kepada Bola.com.

5 dari 5 halaman

Tetap Tersenyum

Roman Weidenfeller menjadi bintang dalam peresmian Bundesliga Common Ground di Jakarta. Masyarakat Indonesia sangat antusias dengan kehadiran esk kiper Borussia Dortmund itu.

Weidenfeller tak terlihat lelah saat menerima permintaan untuk berfoto bersama. Selain itu, dia juga tetap tersenyum saat diminta menandatangani jersey hingga pernak-pernik seputar Timnas Jerman dan Dortmund.

Meskipun lelah, Roman Weidenfeller tetap melayani permintaan dari masyarakat Indonesia. Momentum tersebut tentu saja bakal dikenang oleh kiper Timnas Jerman tersebut.

Video Populer

Foto Populer