Sukses


3 Nama yang Akan Tersingkir Jika Pemain Naturalisasi Bisa Bergabung dengan Skuad Timnas Indonesia U-20: Ada Arkhan Kaka

Bola.com, Jakarta - PSSI terus mengurus proses naturalisasi pemain keturunan. Ada tiga pemain keturunan yang disiapkan untuk memperkuat Timnas Indonesia U-20 pada Piala Dunia U-20 2023.

Tiga pemain yang dimaksud adalah Rafael Struick, Ivar Jenner, dan Justin Hubner. Ketiganya merupakan pemain keturunan Belanda.

Ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan menyebut dokumen naturalisasi ketiga pemain itu sudah masuk ke Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia.

"Alhamdulillah dokumen ketiganya kini sudah berada di Kemensetneg," ujar Iwan Bule.

Jika proses naturalisasi ketiganya lancar, Hubner, Struick, dan Jenner bisa mengancam tiga pemain yang saat ini ada di skuad Timnas Indonesia U-20. Siapa saja mereka?

2 dari 4 halaman

Arkhan Kaka

Timnas Indonesia U-20 membutuhkan penyerang naturalisasi dengan pengalaman bermain yang cukup baik. Rafael Struick dinilai punya kapasitas itu.

Kedatangan Rafael Struick akan sangat mengancam Arkhan Kaka. Putra eks pesepakbola, Purwanto Suwondo ini memang memiliki talenta yang menjanjikan.

Namun, usia Arkhan Kaka masih 15 tahun. Ia dinilai masih akan sangat berguna jika dimainkan di Timnas Indonesia level usia yang lebih dini.

3 dari 4 halaman

Achmad Maulana Syarif

Sementara itu Ivar Jenner membuktikan kualitasnya saat memperkuat Timnas Indonesia U-20 di beberapa laga uji coba.

Pemain Jong Utrech itu bisa diandalkan sebagai gelandang bertahan atau gelandang serang. Kedatangan Jenner akan sangat mengancam Achmad Maulana Syarif.

Gelandang milik Persija Jakarta ini selama ini bukan pilihan utama di lini tengah Timnas Indonesia U-20. Namun, Syarif tak perlu berkecil hati.

Jika memang nanti tersingkir, Persija Jakarta bisa menjadi tempat yang baik untuk terus mengembangkan diri. Macan Kemayoran cukup rajin memberikan menit bermain untuk pemain muda di musim ini.

4 dari 4 halaman

Sulthan Zaky

Nama terakhir yang bisa tersingkir dari skuad Timnas Indonesia U-20 adalah Sulthan Zaky. Pemain berusia 16 tahun itu sama seperti Arkhan Kaka, yakni sebagai alumni Timnas Indonesia U-16 yang menjadi juara Piala AFF U-16 2022.

Zaky punya potensi yang bagus sebagai bek tengah. Posturnya juga cukup tinggi untuk ukuran pemain berusia 16 tahun.

Namun, Justin Hubner yang akan segera dinaturalisasi memiliki level yang berbeda. Hubner yang kini berusia 19 tahun sudah menjadi bagian dari Wolverhampton Wanderers U-21.

Video Populer

Foto Populer