Sukses


BRI Liga 1: Demi Kalahkan PSS, Pelatih Persebaya Korek Informasi dari Ze Valente

Bola.com, Surabaya - Gelandang Persebaya Surabaya, Ze Valente, punya poin plus untuk melakoni laga pekan ke-24 BRI Liga 1 2022/2023). Tim Bajul Ijo dijadwalkan menjamu PSS Sleman di Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik, Senin (13/2/2023) sore WIB.

Ze Valente tercatat pernah membela PSS pada putaran pertama lalu. Gelandang berpaspor Portugal itu tentu sangat memahami kelemahan dan kelebihan tim berjulukan Super Elja tersebut.

Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso, bakal berdiskusi dengan Ze Valente agar timnya bisa menundukkan PSS Sleman.

"Tentunya saya nanti akan berdiskusi dengan Ze. Karena biasanya H-1 ada meeting video. Nah, di situ akan kami ulas nanti," ungkap Aji Santoso dalam jumpa pers jelang laga Persebaya versus PSS Sleman, Minggu (12/2/2023).

Ze Valente sempat berkarier di Portugal dan Siprus selama beberapa tahun sejak 2012. Baru pada 2022, dia mencoba peruntungan dengan berkarier di Indonesia.

PSS Sleman jadi tujuannya, tetapi hanya bertahan pada putaran pertama BRI Liga 1 2022/2023. Memasuki putaran kedua, Persebaya Surabaya merekrutnya.

 

2 dari 6 halaman

Tampil Apik

Aji Santoso juga memuji kualitas materi yang dimiliki oleh PSS Sleman. Tim berjulukan Super Elang Jawa itu bisa dibilang mulai tampil apik di Liga 1.

Mereka sempat tiga kali menang berturut-turut melawan RANS Nusantara, Arema FC, dan Barito Putera. Namun, terakhir mereka sempat takluk 0-2 dari Persib Bandung (3/2/2023).

"Tentunya tidak mudah, PSS Sleman tim bagus. Pertandingan terakhir mereka juga menang. Tetapi kalau pemain-pemain Persebaya tampil fight, menjalankan instruksi pelatih, saya pikir ini kesempatan besar untuk memenangkan pertandingan besok," ucap Aji Santoso.

 

3 dari 6 halaman

Punya Waktu Istirahat Lebih

Di sisi lain, Persebaya diuntungkan karena laga pekan ke-23 ditunda. Mereka seharusnya melawat ke markas PSIS Semarang (8/2/2023), namun duel ini terpaksa diundur dengan alasan keamanan.

Mental pemain Bajul Ijo sempat terganggu. Namun, mereka justru punya waktu istirahat serta persiapan lebih untuk menghadapi PSSI.

"Saya pikir jeda waktu recovery normal. Sering juga terjadi recovery lebih bagus tetapi itu bukan jaminan. Yang penting bagaimana cara kami bermain," imbuh pelatih asal Malang itu.

 

4 dari 6 halaman

Tim dengan Performa Paling Moncer

Saat ini, Persebaya menduduki peringkat ketujuh klasemen sementara BRI Liga 1 dengan 34 poin dari 21 pertandingan. Adapun PSS jauh ada di bawah, tepatnya posisi ke-14 dengan baru meraih 25 angka dari 22 laga.

Belum lagi, mereka jadi tim yang tampil paling apik selama putaran kedua Liga 1 musim ini dengan selalu menang dalam empat pertandingan terakhir. Persita Tangerang, Bhayangkara FC, Madura United, dan Borneo FC adalah korban terbaru Persebaya.

Tim asal Kota Pahlawan itu berhasil membukukan 12 gol dalam empat laga putaran kedua. Artinya, rata-rata Persebaya mampu mencetak tiga gol per pertandingan.

 

5 dari 6 halaman

8 Laga Tak Terkalahkan

Jika ditarik ke belakang, Tim Bajul Ijo malah sudah melewati delapan laga terakhir tanpa kekalahan. Mereka sempat bermain imbang kontra Persik Kediri, Persija Jakarta, dan Persis Solo. Mereka kemudian menang melawan Dewa United di pengujung putaran pertama.

Kini, Persebaya masih berusaha mengincar melanjutkan tren kemenangan di Liga 1. PSS sangat mungkin menjadi korban berikutnya.

6 dari 6 halaman

Simak Posisi Klub Favorit Kamu di Bawah Ini:

Video Populer

Foto Populer