Sukses


Turun dari Ketua PSSI Besok, Iwan Bule Jawab Kabar Jadi Calon Gubernur Jawa Barat

Bola.com, Jakarta - Mochamad Iriawan akan lengser sebagai Ketua PSSI pada Kamis (16/2/2023). Mungkinkah pria yang karib dipanggil Iwan Bule itu banting setir ke dunia politik?

Iriawan bakal turun dari jabatannya setelah PSSI berencana menggelar Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI pada 16 Februari 2023 untuk mencari satu Ketua, dua Wakil Ketua, dan 12 anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI.

Masa kepemimpinan Iwan Bule di PSSI seharusnya baru akan berakhir pada November 2023, namun terpaksa dipercepat akibat rekomendasi dari Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) tragedi Kanjuruhan.

Di media sosial, Iriawan disebut-sebut bakal mencalonkan diri sebagai Gubernur Jawa Barat dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, termasuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat.

2 dari 5 halaman

Baliho hingga Poster

Baliho hingga poster Iriawan juga mulai bertebaran di sejumlah daerah di Jawa Barat dengan tulisan 'Gubernur Jawa Barat 2024'.

Namun, Iriawan masih malu-malu kucing untuk mengakui bakal fokus dengan pencalonan sebagai Gubernur Jawa Barat setelah meninggalkan PSSI.

"Kita lihat saja. Kalau saya kan prajurit. Saya ini Bhayangkara sejati," ujar Iriawan setelah menonton latihan Timnas Indonesia U-20 di Lapangan A Kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat, Rabu (15/2/2023).

3 dari 5 halaman

Jawaban Iwan Bule

"Apapun tugas yang diberikan oleh negara dan rakyat, saya akan amanah dan totalitas," imbuh Iriawan.

Sebelumnya pada Agustus 2022, Iriawan berterima kasih kepada semua pihak yang mendorongnya untuk maju sebagai Calon Gubernur Jawa Barat.

Iriawan pernah menjadi Kapolda Jawa Barat pada 2013-2015 dan Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat pada 2018 menggantikan Ahmad Heryawan.

4 dari 5 halaman

Penjelasan Iwan Bule

"Sebab, mungkin saya ini orang Jawa Barat. Kedua, saya pernah jadi Kapolda Jawa Barat selama dua setengah tahun," ucap Iriawan.

"Ketiga, saya dibesarkan di Jawa Barat. Keempat, saya pernah menjadi Pj Gubernur Jawa Barat," ungkap pria berusia 60 tahun itu.

5 dari 5 halaman

Dapat Tawaran dari Klub

Selain itu, Iriawan mengaku telah menerima lamaran untuk menjadi pengurus klub, namun sejauh ini belum bisa menjawab tawaran tersebut.

"Sudah banyak teman-teman yang menawarkan untuk duduk di klub. Saya akan lihat dulu perkembangannya," terang Iriawan.

"Yang jelas tetep saya masih ada di dunia sepak bola. Karena dari dulu memang saya suka sepak bola. Waktu jadi polisi karena saya profesional, tapi tetap saya sering bermain sepak bola."

"Saya tetap akan berada dan saya merasa bangga pernah menjadi bagian pengurus sepak bola nasional. Sekali lagi saya akan terus cinta sepak bola seumur hidup saya," paparnya.

Video Populer

Foto Populer