Sukses


Pukul Pemain Timnas Indonesia U-20, Pawan Pratap Dipulangkan ke Fiji, Terancam Sanksi

Bola.com, Jakarta - Federasi Sepak Bola Fiji (FFA) memberikan sanksi tegas kepada Pawan Pratap karena melakukan tindakan kekerasan terhadap pemain Timnas Indonesia U-20. Sang pemain langsung dideportasi ke negara asal.

Pawan Pratap melakukan pukulan terhadap pemain Timnas Indonesia U-20, Frengky Missa, pada laga turnamen mini yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jumat (17/2/2023). Aksi Pawan Pratap langsung menimbulkan keributan antarpemain hingga pelatih.

Pawan Pratap kemudian mendapatkan kartu merah. Tak cukup sampai situ, FFA juga malu atas tindakan tidak terpuji yang dilakukan Pawan Pratap sehingga memilih untuk langsung memulangkannya.

"Pemain bersangkutan yang mendapat kartu merah karena tindakan kekerasan akan dikirim kembali ke Fiji pada penerbangan berikutnya yang tersedia," bunyi keterangan resmi dari FFA.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Sanksi Indisipliner

Tak cukup sampai di situ, FFA juga memberikan sanksi indisipliner terhadap Pawan Pratap. Namun, tidak dijelaskan secara rinci sanksi apa yang diberikan terhadap pemain yang memukul pemain Timnas Indonesia U-20 itu.

"Tindakan disipliner lebih lanjut akan diberikan kepada pemain yang bersangkutan," jelas FFA.

Dengan demikian, Fiji harus kehilangan Pawan Pratap pada turnamen mini tersebut. Padahal, Fiji masih memiliki dua laga lagi melawan Guatemala dan Selandia Baru.

3 dari 5 halaman

FFA Murka

Presiden FFA, Rajesh Patel, murka atas tindakan memalukan yang dilakukan pemainnya tersebut. Menurut Rajesh Patel, tindakan Pawan Pratap menodai FFA yang selama ini menganut sporivitas.

"FA Fiji tidak memaafkan perilaku seperti itu dari para pemain nasional kami di tim. Kami akan menindak keras para pemain yang merusak reputasi sepak bola dan negara,” kata Patel.

Selain itu, FFA juga meminta maaf terhadap seluruh masyarakat Indonesia atas tindakan Pawan Pratap. Menurut Rajesh tindakan yang sudah diambil FFA sudah tepat.

"Kami dengan tulus meminta maaf kepada manajemen tim Indonesia, pemain, dan penggemar pada umumnya dari kedua negara atas apa yang terjadi dalam pertandingan tersebut dan yakinlah bahwa tindakan yang tepat telah diambil," tegas Patel.

4 dari 5 halaman

Tuntut Disiplin

Rajesh Patel meminta, pemain Fiji untuk mengedepankan disiplin pada pertandingan-pertandingan selanjutnya. Langkah itu dilakukan agar peristiwa yang terjadi tidak terulang.

"Manajemen tim sudah diarahkan untuk mengusahakan kedisiplinan tim, baik di dalam maupun di luar lapangan untuk persiapan pertandingan selanjutnya dan seterusnya," tegas pernyataan FFA.

Fiji menelan kekalahan 0-4 dari Timnas Indonesia U-20. Dalam laga tersebut, gol kemenangan skuat asuhan Shin Tae-yong dicetak oleh Arkhan Fikri (35'), Kakang Rudianto (49'), Resa Aditya (60'), dan Hokky Caraka (86').

5 dari 5 halaman

Jadwal dan Hasil Turnamen Mini

Jumat, 17 Februari 2023

  • Selandia Baru 1-3 Guatemala
  • Timnas Indonesia U-20 4-0 Fiji

Minggu, 19 Februari 2023

  • 16.30 WIB - Fiji Vs Guatemala
  • 19.30 WIB - Timnas Indonesia U-20 Vs Selandia Baru

Selasa, 21 Februari 2023

  • 16.30 WIB - Fiji Vs Selandia Baru
  • 19.30 WIB - Timnas Indonesia U-20 Vs Guatemala

Video Populer

Foto Populer