Sukses


Ada 2 Menteri di PSSI, Erick Thohir Tegaskan Tidak Ada Intervensi Pemerintah

Bola.com, Jakarta - Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI yang dilakukan Kamis (16/2/22023) menghasilkan keputusan menarik. Ada dua sosok menteri, yakni Menteri BUMN, Erick Thohir, dan Menpora Zainudin Amali yang terpilih menjadi pimpinan PSSI.

Erick Thohir terpilih menjadi ketua umum. Sementara Zainudin Amali terpilih menjadi wakil ketua umum dalam kongres yang penuh drama itu.

Terpilihnya dua menteri itu tentu memancing kontroversi. Sempat ada tudingan adanya intervensi yang dilakukan pemerintah terhadap PSSI.

Padahal menurut aturan FIFA, intervensi dari pemerintah tidak diperbolehkan. Namun, hal itu dibantah oleh Erick Thohir.

"Kita ini kan tidak intervensi, kita kerja sama," ujar ketua umum PSSI 2023-2027, Erick Thohir di Instana Kepresidenan RI, Senin (20/2/2023) siang WIB.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Tidak Memaksakan Kehendak

Erick Thohir kemudian menjelaskan apa yang dimaksud dengan intervensi. Menurutnya, intervensi adalah pemaksaan terhadap kehendak.

Hal itu sama sekali tidak dilakukan oleh pemerintah. Justru pemerintah membuka ruang kolaborasi yang baik.

"Kalau intervensi kan memaksakan kehendak, contohnya kepengurusan ini semua wakil dari pemerintah, kepengurusan ini dipakssakan tidak sesuai statuta misalnya," ujar Erick.

"Ini kolaborasi, track record saya sendiri di sepak bola ya bismillah, bukan orang baru," sambungnya.

3 dari 4 halaman

Respon Positif FIFA

Erick Thohir kemudian menyebut PSSI yang sekarang justru mendapatkan respons positif dari FIFA. Jika memang ada intervensi, seharusnya sepak bola Indonesia sudah mendapatkan hukuman.

Seperti yang terjadi pada 2015. Saat itu sepak bola Indonesia harus mendapatkan hukuman larangan aktif di dunia internasional selama satu tahun.

"Kalau ini intervensi kemarin setelah kami dipilih FIFA seharusnya langsung banned, ini kami malah dapat surat," ujar Erick.

"Presiden FIFA bilang secara pribadi mendukung, artinya ada kedekatan moral, kami semua yang ada di sini yang menjadi bagian dari sepak bola internasional," tandas eks presiden Inter Milan itu.

4 dari 4 halaman

Kepengurusan PSSI 2023-2027

Daftar Pengurus PSSI 2023-2027

Ketua:

Erick Thohir

Wakil Ketua:

  1. Zainudin Amali
  2. Ratu Tisha Destria

Anggota Exco:

  1. Eko Setiawan
  2. Endri Erawan
  3. Juni Rachman
  4. Muhammad
  5. Rudi Yulianto
  6. Sumardji
  7. Vivin Cahyani
  8. Ahmad Riyadh
  9. Pieter Tanuri
  10. Hasnuryadi Sulaeman
  11. Arya Mahendra
  12. Khairul Anwar
 

Video Populer

Foto Populer