Sukses


Jumpa Erick Thohir dan Pengurus PSSI yang Baru, Presiden Jokowi Minta Cetak Biru Persepakbolaan Indonesia

Bola.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo menerima kunjungan pengurus PSSI yang baru pimpinan Erick Thohir di Istana Negara, Jakarta, Senin (20/2/2023). Dalam pertemuan itu, Presiden Jokowi meminta cetak biru persepakbolaan Indonesia.

Dalam kegiatan tersebut, Presiden Jokowi menerima kedatangan Erick Thohir sebagai Ketua Umum PSSI peridoe 2023-2027. Erick Thohir datang didampingi Wakil Ketua Umum PSSI, Zainudin Amali dan Ratu Tisha,

Presiden Jokowi tak lupa memberikan ucapan selamat kepada ketiganya yang terpilih sebagai pimpinan baru PSSI. Jokowi berharap banyak pada sepak bola Indonesia di bawah pengurus PSSI yang baru.

"Pertama-tama saya ingin mengucapkan selamat bertugas untuk Pak Erick Thohir selaku Ketum PSSI yang baru untuk 2023-2027. Dan juga untuk Pak Zainudin Amali dan Ibu Ratu Tisha sebagai Wakil Ketua Umum," kata Presiden Jokowi.

2 dari 5 halaman

Minta Cetak Biru

Presiden Jokowi sadar, memimpin PSSI bukan tugas yang mudah karena berkaitan dengan perbaikan sepak bola Indonesia. Jokowi juga meminta cetak biru (blueprint) perencanaan sepak bola Indonesia agar bisa didukung oleh pemerintah.

"Saya tahu ini bukan tugas yang mudah kalau ingin persepakbolaan kita baik. Karena apa pun olahraganya, ini adalah olahraga favorit kita," ucap Jokowi.

"Sehingga, saya titip terutama blueprint jangka pendek, menengah, disiapkan betul," tegas Jokowi.

3 dari 5 halaman

Jangka Panjang

Sementara itu, Erick Thohir menyambut baik usulan Presiden Jokowi terkait blueprint sepak bola Indonesia. Menurut Erick, PSSI akan membuat blueprint jangka panjang sampai 2040.

Nantinya, dalam perencanaan tersebut akan meliputi semua aspek mulai dari pembinaan hingga infrastruktur sepak bola. Blueprint sampai 2040 dibuat demi target Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia.

"Tentunya, kami harus punya blueprint 2040. Apakah itu program infrastruktur, tentu mendorong percepatan Timnas dan pembinaan menyeluruh," tegas Erick Thohir.

4 dari 5 halaman

Tak Ada Intervensi

Erick Thohir juga menegaskan, tidak ada intervensi pemerintah dalam kepengurusan PSSI yang baru. Menurut Erick, untuk membangun sepak bola yang baik dibutuhkan kerja sama seluruh pihak, termasuk pemerintah.

"Kami ingin memastikan persepsi selama ini, pemerintah untuk intervensi PSSI, salah besar. Akan tetapi, benar bagaimana kita menyukseskan pembangunan sepak bola Indonesia secara menyeluruh," tegas Erick Thohir.

"Kerja sama daripada pemerintah dan PSSI serta masyarakat sepak bola harus ditingkatkan," tegas Erick Thohir.

5 dari 5 halaman

Daftar Pengurus PSSI 2023-2027

Ketua Umum: Erick Thohir

Wakil Ketua Umum: Zainudin Amali dan Ratu Tisha Destria

Anggota Exco:

Eko Setyawan, Endri Erawan, Juni Rahman, Muhammad, Rudi Yulianto, Sumardji, Vivin Cahyani, Pieter Tanuri, Arya Mahendra Sinulingga, Khairul Anwar, Ahmad Riyadh dan Hasnuryadi Sulaiman.

Video Populer

Foto Populer