Sukses


7 Gelandang Timnas Indonesia U-20 Pilihan Shin Tae-yong di Piala Asia U-20 2023: Mampukah Memukau di Uzbekistan?

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-20 memboyong 23 pemain ke Piala Asia U-20 2023. Dalam daftar tersebut, tujuh di antaranya bermain sebagai gelandang.

Timnas Indonesia U-20 tergabung di Grup A Piala Asia U-20 2023. Pasukan Shin Tae-yong akan bersaing dengan tuan rumah Uzbekistan, Irak, hingga Suriah.

Piala Asia U-20 2023 merupakan ajang untuk mendapatkan empat tiket ke Piala Dunia U-20 2023. Meskipun sudah lolos karena berstatus sebagai tuan rumah, namun Timnas Indonesia U-20 tetap memboyong pemain terbaik ke ajang yang akan digelar pada 1-18 Maret.

Lantas, siapa saja deretan gelandang yang dipercaya membela Timnas Indonesia U-20 pada Piala Asia U-20 2023? Berikut ini tujuh di antaranya yang berprofesi non gelandang sayap versi Bola.com.

2 dari 8 halaman

Robi Darwis

Robi Darwis merupakan gelandang bertahan andalan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20. Robi Darwis sudah menjadi andalan sejak di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Kepercayaan yang diberikan Shin Tae-yong dibayar tuntas dengan performa gemilang. Bahkan, Robi Darwis bisa diandalkan pada sejumlah posisi.

Pemain Persib Bandung itu punya daya jelajah yang baik. Robi Darwis juga dikenal sebagai gelandang bertahan yang tak kenal ampun dalam memotong serangan lawan.

3 dari 8 halaman

Dimas Pamungkas

Dimas Juliono Pamungkas sudah diandalkan Shin Tae-yong sejak masih di tim U-19. Dimas Pamungkas merupakan gelandang tengah yang punya visi bermain jelas.

Dimas Pamungkas juga bisa diandalkan sebagai gelandnag bertahan hingga bek tengah. Kemampuan multifungsi itu berhasil menarik perhatian Shin Tae-yong.

Kehadiran Dimas Pamungkas menjadi tambahan kekuatan di lini tengah. Pemain Bhayangkara FC itu bisa dipercaya dalam membantu serangan hingga pertahanan.

4 dari 8 halaman

Resa Aditya

Resa Aditya terbilang menjadi nama baru di skuat Timnas Indonesia U-20. Namun, bakal Resa Aditya sudah terlihat sejak masih bermain di skuat U-16.

Resa Aditya merupakan gelandang tengah yang bisa diandalkan sebagai pengatur serangan. Selain itu, pemain Persija Jakarta juga bisa diandalkan sebagai gelandang bertahan.

Pada turnamen mini jelang Piala Asia U-20 2023, Resa Aditya turut menyumbang satu gol. Ini menjadi bukti Resa Aditya bisa diandalkan sebagai pemecah kebuntuan skuat U-20.

5 dari 8 halaman

Zanadin Fariz

Zanadin Fariz merupakan gelandang serang pilihan Shin Tae-yong. Zanadin diberkahi dengan skill yang bagus.

Zanadin memiliki insting bertahan yang lebih baik. Dia bisa menjadi pemotong serangan lawan dari lini tengah.

Dalam formasi 5-4-1 yang kerap diterapkan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20, Zanadin akan bermain bersama Arkhan Fikri di lini tengah. Keduanya diharapkan menciptakan kombinasi yang bagus. 

6 dari 8 halaman

Arkhan Fikri

Arkhan Fikri bisa menjadi pengisi peran Marselino Ferdinan yang tidak dibawa ke Piala Asia U-20 2023. Pemain milik Arema FC ini selalu dimainkan pada tiga laga uji coba yang belum lama ini dilakoni Timnas Indonesia U-20. 

Arkhan Fikri bermain cukup baik dalam tiga laga itu. Peran sebagai kreator serangan di lini tengah Timnas Indonesia U-20 berhasil ia lakukan dengan baik. 

Caranya mengalirkan bola pun cukup luwes. Namun, Arkhan Fikri masih harus memperbaiki penyelesaian akhir. Sesuatu yang menjadi andalan bagi Marselino Ferdinan. 

7 dari 8 halaman

Dony Tri Pamungkas

Dony Tri Pamungkas merupakan pemain multifungsi di Timnas Indonesia U-20. Bermain natural sebagai gelandang serang, namun pemain Persija Jakarta itu juga bisa diminkan di lini sayap.

Pemain berusia 18 tahun itu sudah bermain sebanyak sembilan kali bersama Persija musim ini. Selain itu, Dony sudah menyumbangkan dua assist.

Dony memiliki kaki kiri yang sangat baik. Ia adalah calon eksekutor andalan untuk bola-bola mati Timnas Indonesia U-20.

8 dari 8 halaman

Achmad Syarif

Achmad Syarif memang tak banyak dapat kesempatan bermain dari Shin Tae-yong. Namun, saat diberi kesempatan bermain Achmad Syarif tak pernah menyia-nyiakannya.

Achmad Syarif merupakan gelandang serang yang dimiliki Timnas U-20. Visi bermainnya sangat jelas dalam membangun serangan ke area pertahanan lawan.

Pemain 19 tahun itu juga dibekali dengan kemampuan menjadi penyeimbang di lini tengah. Kelebihan inilah yang membuat Achmad Syarif berpeluang jadi andalan di Piala Asia U-20 2023.

Video Populer

Foto Populer