Sukses


Piala Asia U-20 2023: Seperti Marselino Ferdinan di Timnas Indonesia U-20, Irak juga Kesulitan Panggil Pemain Klub Eropa

Bola.com, Tashkent - Pelatih Irak U-20, Emad Mohammed, mengaku pihaknya kesulitan memanggil pemain yang berkarier di Eropa untuk Piala Asia U-20 2023. Penyebabnya adalah karena klub tidak mengizinkan pemain tampil di turnamen tersebut.

Irak U-20 memanggil 23 pemain untuk Piala Asia U-20 2023. Dalam daftar pemain yang dirilis, tak ada nama yang berkarier bersama klub Eropa.

Padahal, Irak punya banyak talenta yang berkarier bersama klub elite Eropa. Sebut saja Josef Al-Imam (Malmo FF), Mustafa Omran Saleh (Atalanta), Cardo Siddik (Crystal Palace), Ameen Al-Dakhil (Burnley), Alexander Aoraha (Queens Park Rangers), Zidane Iqbal (Manchester United), Amin Al-Hamawi (Helsingborgs), Marco Muhammed Schuan (Lazio).

"Undangan diberikan kepada sejumlah profesional di Eropa, terutama Alexander Oraha, Amin Al-Hamwi, dan Al-Ay Fadel. Namun, klub-klub profesional tersebut menolak untuk mengizinkan mereka bergabung dengan tim pada periode ini karena keterkaitan dalam berbagai kompetisi," kata Emad Mohammed seperti dikutip Kooora.

2 dari 5 halaman

Skuad Terbaik

Pelatih Emad Mohammed menyebut skuat yang diboyong ke Piala Asia U-20 2023 merupakan materi pemain terbaik yang ada. Legenda Timnas Irak itu menyadari ada sejumlah kendala dalam penyusunan pemain karena masalah cedera.

"Daftar yang diumumkan termasuk 23 pemain dan satu penilaian untuk semuanya adalah elemen yang telah berkembang pesat dengan klub mereka dan level tertinggi," tegas Emad Mohammed.

"Kami memilih yang terbaik. Adapun beberapa pemain yang dicoret karena kurang persiapan teknis atau karena cedera," tegas pria yang membela Timnas Irak U-20 rentang 2000-2012 itu.

3 dari 5 halaman

Mirip Marselino Ferdinan

Situasi yang dialami Irak mirip dengan Timnas Indonesia U-20. Pasukan Shin Tae-yong gagal diperkuat Marselino Ferdinan pada Piala Asia U-20 2023.

PSSI sebenarnya sudah mengirimkan undangan pada klub Marselino, KMSK Deinze. Namun, klub asal Belgia itu menolak melepas Marselino.

Alasannya karena Marselino Ferdinan baru bergabung dengan KMSK. Deinze pada Januari 2023. Selain itu, Challenger Pro League 2022/2023 saat ini masih berlangsung sehingga jasanya sangat dibutuhkan klub.

4 dari 5 halaman

Jadwal Timnas Indonesia U-20 di Piala Asia U-20 2023

  • 1/3/2023 - Timnas Indonesia U-20 Vs Irak
  • 4/3/2023 - Suriah Vs Timnas Indonesia U-20
  • 7/3/2023 - Uzbekistan Vs Timnas Indonesia U-20
5 dari 5 halaman

Daftar Pemain Timnas Indonesia U-20

Kiper: Cahya Supriadi, Daffa Fasya, Aditya Arya.

Belakang: Kakang Rudianto, Muhammad Ferarri, Marcell Januar, Sulthan Zaky, Frengky Missa.

Tengah: Robi Darwis, Dimas Pamungkas, Resa Aditya, Zanadin Fariz, Arkhan Fikri, Dony Pamungkas, Achmad Syarif, Dzaky Asraf, Ronaldo Kwateh, Alfriyanto Nico, Ferdiansyah, Hugo Samir.

Depan: Hokky Caraka, Rabbani Tasnim, Ginanjar Wahyu.

Video Populer

Foto Populer