Sukses


Prediksi RANS Nusantara Vs Persebaya di BRI Liga 1: Awas! Sama-Sama Wajib Bangkit

Bola.com, Bogor - Duel dua tim yang bertekad bangkit tersaji dalam pekan ke-27 BRI Liga 1 2022/2023. RANS Nusantara dijadwalkan menjamu Persebaya Surabaya di Stadion Pakansari, Bogor, Selasa (27/2/2023) sore.

RANS Nusantara FC sedang dalam periode buruk dengan sudah melewati 11 laga terakhir tanpa kemenangan. Mereka juga sudah meraih enam kekalahan beruntun, jadi rekor yang terburuk di Liga 1 musim ini.

Tim berjulukan Magenta Force itu menduduki posisi juru kunci alias dasar klasemen dengan 17 poin tiga kemenangan, delapan seri, dan 15 kalah.

Kehadiran pelatih Rodrigo Santana nyatanya malah membuat RANS Nusantara terperosok. Pelatih asal Brasil itu sudah menemani RANS Nusantara dalam lima laga sejak awal Februari ini dan hasilnya selalu berakhir kekalahan.

Masing-masing terjadi saat berjumpa Persija Jakarta, Arema FC, Barito Putera, Persib Bandung, dan Persik Kediri. RANS Nusantara FC hanya mampu mencetak lima gol, tapi malah sudah kemasukan 17 gol hanya dalam lima laga.

 

2 dari 7 halaman

Titik Balik

Rodrigo Santana ingin duel melawan Persebaya Surabaya ini jadi titik kebangkitan timnya setelah melalui momen buruk di musim ini.

“Kami akan bertemu dengan lawan yang bagus. Ini pertandingan berat. Tapi, mental kami sudah siap untuk pertandingan ini,” ungkap pelatih berusia 40 tahun itu dalam jumpa pers sebelum laga, Senin (27/2/2023).

Di sisi lain, lini pertahanan Persebaya Surabaya benar-benar sedang dalam sorotan publik. Bagaimana tidak, sudah empat laga terakhir di BRI Liga 1 2022/2023 dilewati dan mereka telah kebobolan sembilan gol.

Persebaya mulanya kebobolan masing-masing dua gol saat menang 3-2 melawan Borneo FC (3/2/2023) dan 4-2 kontra PSS Sleman (13/2/2023). Terbaru, mereka kalah 0-4 dari Bali United (18/2/2023) dan 0-1 saat menjamu PSM Makassar (23/2/2023).

Mayoritas gol yang masuk ke gawang Persebaya diakibatkan dari kesalahan lini belakang dalam mengantisipasi serangan. Dari sembilan gol tersebut terdapat dua gol bunuh diri yang diciptakan oleh anak asuh Aji Santoso.

 

3 dari 7 halaman

Catatan Buruk

Dua kekalahan beruntun juga melahirkan catatan yang kurang baik buat Persebaya. Dalam dua hasil negatif melawan Bali United dan PSM, mereka dua kali mencetak gol bunuh diri untuk lawan.

Saat melawan Bali United, Rizky Ridho mencetak gol bunuh diri. Giliran Alwi Slamat yang kemudian berbuat kesalahan melawan PSM. Sialnya, gol bunuh diri itu malah menjadi penentu kekalahan Persebaya.

Pelatih Persebaya, Aji Santoso, juga menginginkan kebangkitan timnya melawan RANS Nusantara. Ini jadi momentum tepat mengingat tim tuan rumah benar-benar dalam masa sulit akibat kekalahan beruntun.

“Secara keseluruhan kami melakukan persiapan yang bagus. Kami menargetkan minimal bisa dapat poin, syukur kalau bisa mendapatkan tiga poin. Yang jelas, untuk memulihkan kondisi pemain kami, paling tidak harus dapat poin,” imbuhnya.

 

4 dari 7 halaman

Aroma Balas Dendam

Duel ini sendiri beraroma balas dendam. Sebab, di putaran pertama lalu, Persebaya dipermalukan 1-2 oleh RANS Nusantara di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, 15 September 2022.

Sebenarnya, tim berjulukan Bajul Ijo itu mampu unggul dulu lewat gol Sho Yamamoto di menit ke-28. Tapi, RANS Nusantara sukses membalik keunggulan lewat brace yang dicetak Edo Febriansyah di menit ke-64 dan ke-88.

Akibat kekalahan ini, tidak bisa membendung kekecewaannya. Mereka turun ke lapangan setelah pertandingan. Awalnya situasi berhasil dicegah oleh barisan keamanan, tetapi amuk massa akhirnya tak terbendung.

Insiden itu kemudian membuat Persebaya mendapat sanksi berupa denda Rp100 juta dan menggelar lima laga kandang tanpa kehadiran penonton.

 

5 dari 7 halaman

Prakiraan Susunan Pemain

RANS Nusantara (4-3-3): Wawan Hendrawan (kiper); Ady Setiawan, Arif Satria, Muhammad Tahir, Edo Febriansyah (belakang); Finky Pasamba, Makan Konate, Ikhsan Zikrak (tengah); Mitsuru Maruoka, David Laly, Septian Bagaskara (depan)

Pelatih: Rodrigo Santana

Persebaya Surabaya (4-3-3): Andhika Ramadhani (kiper); Koko Ari Araya, Rizky Ridho, Leo Lelis, Alta Ballah (belakang); Muhammad Hidayat, Alwi Slamat, Ze Valente (tengah); Ahmad Nufiandani, Paulo Victor, Sho Yamamoto (depan)

Pelatih: Aji Santoso

 

6 dari 7 halaman

Prediksi dan Jadwal Pertandingan

  • Prediksi Bola.com: 45:55
  • Live: Indosiar dan vidio.com
  • Pukul: 15.00 WIB
  • Tempat: Stadion Pakansari, Bogor
7 dari 7 halaman

Posisi Persebaya saat Ini

Video Populer

Foto Populer