Sukses


Gagal Lolos Seleksi Timnas Indonesia U-20, Brandon Scheunemann Dapat Pelajaran Berharga dari Shin Tae-yong

Bola.com, Semarang - Bek muda PSIS Semarang, Brandon Scheunemann, mendapatkan banyak pelajaran berharga setelah berlatih di bawah asuhan pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong.

Brandon Scheunemann memang menjadi salah satu pemain terbaru yang diberi kesempatan oleh Shin Tae-yong untuk membuktikan kualitasnya saat Timnas Indonesia U-20 menggelar TC persiapan Piala Asia U-20 2023.

Dari seluruh nama pemain yang dipanggil, Brandon termasuk salah satu yang paling muda dan minim jam terbang internasional meski sudah mencatat debut bersama PSIS di kompetisi BRI Liga 1 musim ini.

Sayangnya, pemain kelahiran Malang, Jawa Timur, ini gagal menembus seleksi Timnas Indonesia U-20. Sepulang dari pemusatan latihan, ia mengaku mendapat banyak pelajaran berharga dari Shin Tae-yong.

2 dari 4 halaman

Banyak Hal Perlu Dibenahi

Bek berusia 17 tahun ini mengakui, TC Timnas Indonesia U-20 memang turut membuka matanya bahwa masih ada banyak hal yang perlu dibenahi.

Menurut Brandon, ada dua hal utama yang krusial, yakni fisik dan teknik. Dia mengatakan, Shin Tae-yong memang selalu menuntut kesempurnaan dari dua aspek ini.

“Dari TC Timnas Indonesia U-20, saya merasa bahwa terlihat banyak yang masih harus diperbaiki dari permainan saya, terutama fisik dan teknik,” kata Brandon saat berbincang dengan Bola.com beberapa waktu lalu.

“Sebab, dua hal itu dianggap Coach Shin Tae-yong harus selalu sempurna. Dia meminta pemain untuk selalu memberikan 100% dan selalu bekerja keras. Jadi, itu pengalaman berharga saya,” lanjutnya.

3 dari 4 halaman

STY Fokus Fisik

Selama ini, Shin Tae-yong memang dikenal sebagai sosok pelatih yang selalu mengeluhkan fisik, stamina, dan kebugaran pemain-pemain yang dipanggil Timnas Indonesia di berbagai level usia.

Selain taktik, aspek fisik memang menjadi hal utama yang dibutuhkan pemain untuk bisa merebut hati eks-pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia U-20 2023 tersebut.

Brandon pun juga mengakui jika dirinya dipaksa untuk melahap metode latihan keras ala STY yang banyak fokus menempa fisik para pemain.

“Selama TC Timnas Indonesia U-20, sesi latihannya banyak lari. Latihannya berat, tapi saya senang,” kata anak kandung Timo Scheunemann ini.

4 dari 4 halaman

Bek Pilihan STY

Dari sederet pemain bertahan yang dipilih Shin Tae-yong untuk memperkuat Timnas Indonesia U-20 di Piala Asia U-20 2023, sebagian besar memang berstatus sebagai pemain andalan pelatih asal Korea Selatan itu.

Mereka adalah Kakang Rudianto, Muhammad Ferarri, Marcell Januar, dan Dimas Juliono Pamungkas. Satu-satunya nama terbaru di posisi ini ialah Sulthan Zaky.

Bek berusia 16 tahun itu memang jadi nama terbaru di skuad ini. Sebelumnya, pemain asal PSM Makassar Youth ini lebih banyak bermain bersama Timnas U-16 dan U-17.

Video Populer

Foto Populer