Sukses


2 Kunci agar Indra Sjafri Sukses bersama Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2023: Uji Coba Berkualitas!

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-23 yang akan dipersiapkan untuk tampil di SEA Games 2023 akan melakukan Training Camp di Jakarta pada 1-16 Maret.

Pengamat sepak bola Tanah Air, Budi Kesit Handoyo mengatakan cara pemanggilan pemain yang dilakukan oleh tim kepelatihan dibawah komando Indra Sjafri sudah tepat.

Sebelumnya, Indra Sjafri mengatakan dirinya akan memanggil sebanyak mungkin pemain agar mendapatkan pemain yang benar-benar berkualitas untuk tampil di SEA Games yang akan dihelat Mei mendatang.

"Ya seperti yang dijelaskan Indra Sjafri sebelumnya, dia akan memanggil pemain sebanyak mungkin untuk diseleksi, termasuk pemain-pemain yang dari Liga 2 yang usianya memang masuk, saya kira itu bagus," kata Kesit Budi Handoyo kepada Bola.com, Selasa (28/02/2023).

2 dari 4 halaman

Keputusan Tepat

Dengan memanggil banyak pemain yang banyak dari Liga 2 atau dari kasta lainnya, Kesit menyebut hal itu bisa berdampak positif kepada pemain muda yang ada saat ini.

Semua pemain muda yang berkualitas akan mendapatkan kesempatan membela merah putih serta bisa merasakan persaingan dalam Pelatnas.

Kesit juga sepakat dengan penunjukan Indra Sjafri sebagai pelatih kepala Timnas Indonesia U-23 di SEA Games. Sebelumnya, semua kelompok usia menjadi tanggung jawab Shin Tae-Yong dan Indra Sjafri hanya menjabat sebagai Direktur Teknik.

3 dari 4 halaman

Tantangan

Pertengahan bulan lalu, PSSI menunjuk Indra Sjafri untuk menukangi Timnas Indonesia U-23 yang akan berlaga di SEA Games.

"Indra Sjafri saya kira sangat pantas untuk menukangi Timnas U-23. Rekam jejak Indra sebagai pelatih nasional cukup bagus. Setidaknya dia paham bagaimana karakter para pemain yang akan menghuni skuatnya nanti. Sebagai Dirtek PSSI dia akan tahu apa saja yang harus dilakukan," ungkapnya.

Mengenai persiapan yang hanya dua bulan, Kesit menegaskan cukup tidak cukup, Timnas Indonesia harus sudah siap.

4 dari 4 halaman

Uji Coba Berkualitas

Menurut Kesit, untuk SEA Games, Indonesia selalu bisa bersaing dengan Thailand dan Vietnam yang selalu menjadi langganan juara.

Salah satu solusi untuk mendapatkan penampilan terbaik, Indra Sjafri harus mencari lawan uji coba yang berkualitas.

"Ya cukup tidak cukup memang. Tapi, jika persiapan selama dua bulan itu dilakukan secara kontinyu mungkin cukup. Tinggal bagaimana waktu dua bulan benar-benar dioptimalkan. Terpenting lagi adalah kualitas uji coba. Memilih tim lawan uji coba yang berkualitas akan sangat baik buat tim U-23 Indonesia," tegas Kesit.

Video Populer

Foto Populer