Sukses


Prediksi Starting XI Timnas Indonesia U-20 Vs Irak di Piala Asia U-20 2023: Shin Tae-yong Putar Otak Cari Pengganti Zanadin Fariz

Bola.com, Tashkent - Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong, harus memutar otak. Arsitek asal Korea Selatan itu perlu mencari pengganti Zanadin Fariz di Piala Asia U-20 2023.

Timnas Indonesia U-20 terancam tanpa Zanadin sepanjang Piala Asia U-20 2023. Gelandang berusia 18 tahun itu mengalami cedera dalam masa persiapan.

"Ya, Zanadin mengalami cedera sebelum Timnas Indonesia U-20 datang ke Uzbekistan," ujar Shin Tae-yong dalam konferensi pers pada Selasa (28/2/2023).

"Pergantian yang kami lakukan terhadap Zanadin sewaktu turnamen mini karena kondisi fisiknya yang tidak baik dan cederanya kambuh," imbuhnya.

2 dari 7 halaman

Lawan Irak

Timnas Indonesia U-20 bakal memulai perjuangannya di Piala Asia U-20 2023 dengan melawan Timnas Irak U-20 dalam partai pertama Grup A di Lokomotiv Stadium, Tashkent, Rabu (1/3/2023).

"Sepertinya, Zanadin tidak bisa berpartisipasi dengan Timnas Indonesia U-20 di Piala Asia U-20," tutur juru taktik berusia 53 tahun tersebut.

Sejumlah pemain dapat menggantikan Zanadin di lini tengah Timnas Indonesia U-20. Shin Tae-yong masih mempunyai Robi Darwis, Dimas Juliono, hingga Resa Aditya.

3 dari 7 halaman

Dimatangkan Shin Tae-yong

Sebelum berkiprah di Piala Asia U-20 2023, Timnas Indonesia U-20 baru saja melahap turnamen mini bertitel International Friendly Match U-20 dengan Fiji, Selandia Baru, dan Guatemala.

Timnas Indonesia U-20 menang 4-0 atas Fiji, kalah 1-2 dari Selandia Baru, dan takluk 0-1 dari Guatemala.

Shin Tae-yong tidak banyak melakukan perubahan dalam susunan pemain Timnas Indonesia U-20 dalam tiga partai itu, yang kemungkinan menjadi gambaran starting XI di Piala Asia U-20 2023 dengan pakem 4-3-3.

4 dari 7 halaman

Persaingan Kiper dan Bek

Cahya Supriadi memang hanya sekali bermain untuk Timnas Indonesia U-20 di turnamen mini. Namun, statusnya sebagai kiper utama Garuda Nusantara kemungkinan tidak tergantikan.

Cahya tidak bisa fokus membela Timnas Indonesia U-20 di turnamen mini, karena harus keluar masuk demi memenuhi perjanjian dengan Persija Jakarta.

Cahya harus bersaing ketat dengan Daffa Fasya sebagai penjaga gawang inti Timnas Indonesia U-20. Namun, Shin Tae-yong kemungkinan bakal memilih kiper berusia 19 tahun itu sebagai pemain utama.

5 dari 7 halaman

Pengganti Marselino Ferdinan

Kuartet Kakang Rudianto, Marcell Januar, Muhammad Ferarri, dan Dony Tri Pamungkas telah dimatangkan Shin Tae-yong sebagai penghuni lini belakang Timnas Indonesia U-20.

Kakang dan Ferarri tidak tergantikan. Nama terakhir bahkan menjadi kapten Timnas Indonesia U-20. Sementara itu, Dony Tri mulai mengorbit karena bakat menjanjikannya sebagai pemain berkaki kidal.

Minus Marselino, Shin Tae-yong mulai mencari penggantinya di turnamen mini. Arsitek asal Korea Selatan itu terlihat memercayai Arkhan Fikri sebagai jenderal lapangan tengah Timnas Indonesia U-20.

6 dari 7 halaman

Trisula Kepercayaan Shin Tae-yong

Arkhan Fikri akan diapit dua gelandang pekerja keras, Robi Darwis dan Achmad Maulana Syarif. Kombinasi ketiganya akan dimatangkan setelah Zanadin Fariz absen.

Trisula Dzaky Asraf, Rabbani Tasnim, dan Ginanjar Wahyu diperkirakan akan mengisi lini depan Timnas Indonesia U-20 di Piala Asia U-20 2023. Shin Tae-yong terus memadukan ketiganya di turnamen mini.

Namun, pelatih asal Korea Selatan itu juga perlu mempertimbangkan Ronaldo Kwateh dan Hokky Caraka. Keduanya adalah penyerang utama Timnas Indonesia U-20 dalam beberapa turnamen terakhir.

7 dari 7 halaman

Prediksi Starting XI Timnas Indonesia U-20 Vs Irak

Timnas Indonesia U-20 (4-3-3): Cahya Supriadi; Kakang Rudianto, Muhammad Ferarri, Marcell Januar Putra, Dony Tri Pamungkas; Achmad Maulana Syarif, Robi Darwis, Arkhan Fikri; Dzaky Asraf, Rabbani Tasnim, Ginanjar Wahyu

Pelatih: Shin Tae-yong (Korea Selatan)

Video Populer

Foto Populer