Sukses


Piala Asia U-20 2023: Finishing Timnas Indonesia U-20 Diharapkan Tokcer Sepanjang Turnamen

Bola.com, Yogyakarta - Timnas Indonesia U-20 akan memulai petualangannya di Piala Asia 2023 dengan menghadapi Timnas Irak U-20. Partai pembuka Grup A ini akan tersaji di Stadion Lokomotiv, Tashkent, Uzbekistan pada Rabu (1/3/2023) pukul 19:00 WIB.

Pada turnamen ini Timnas Indonesia U-20 yang tergabung di Grup A bakal bersaing dengan tiga tim. Selain Irak, adapula Suriah dan Uzbekistan. Ajang ini diikuti 16 peserta yang dibagi dalam empat grup dan berlangsung pada 1-18 Maret 2023.

Setelah menghadapi Irak, Timnas U-20 ditantang Suriah di Stadion Lokomotiv, Tashkent pada 4 Maret 2023. Sementara di matchday terakhir Grup A, Indonesia bakal berhadapan dengan Uzbekistan di Istiqlol Stadium, 7 Maret 2023.

Piala Asia U-20 2023 merupakan ajang penentu wakil Asia mendapatkan tiket ke Piala Dunia U-20 2023. Adapun dalam turnamen yang dihelat pada 20 Mei-11 Juni itu, Timnas Indonesia U-20 sudah memastikan diri lolos karena berstatus tuan rumah.

 

2 dari 4 halaman

Persiapan Matang

Sebelumnya, Garuda Nusantara telah menjalani serangkaian persiapan. Akhir 2022 lalu, mereka melakukan pemusatan latihan atau training center (TC) di Turki dan Spanyol. Kemudian, melakukan pemusatan latihan selama hampir sebulan sejak awal Februari 2023.

Sebagai ajang pemanasan, Timnas Indonesia U-20 juga sempat mengikuti mini turnamen beberapa waktu lalu. Hokky Caraka dkk. menghadapi Fiji, Selandia Baru, dan Guatemala di Jakarta.

Hasil yang didapat dalam mini turnamen memang tidak begitu memuaskan. Sebab, dari tiga pertandingan Timnas Indonesia U-20 cuma menorehkan satu kemenangan. Dua di antaranya berakhir dengan kekalahan.

Satu-satunya kemenangan diraih Garuda Nusantara kala berhadapan dengan Timnas Fiji U-20 pada laga perdana. Saat itu mereka menang dengan skor telak 4-0 di Stadion GBK pada Jumat (17/2/2023).

Sementara dua kekalahan diderita Timnas Indonesia U-20 saat bersua Selandia Baru U-20. Pada laga ini Indonesia dibekuk skuad junior All Whites dengan skor 2-1 di Stadion GBK, Jakarta, Minggu (19/2/2023). Kemudian takluk 0-1 dari Guatemala U-20 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Selasa (21/2/2023).

 

3 dari 4 halaman

Modal Bagus

Tergabung di Grup A dan harus bersaing dengan tim yang punya kekuatan mumpuni jelas menjadi tantangan tersendiri bagi pasukan Shin Tae-yong. Meski menghadapi lawan cukup berat bukan berarti Timnas Indonesia U-20 tak punya peluang menghadirkan kejutan.

Asal, Skuad Garuda Nusantara bisa bermain sabar dan bisa memanfaatkan peluang sekecil apapun. Hal ini diutarakan pelatih PSIM Yogyakarta, Erwan Hendarwanto.

Selain itu, Erwan menilai hasil mengecewakan di mini turnamen justru bisa menjadi pelecut semangat para pemain untuk bangkit. Memberikan hasil terbaik dalam Piala Asia 2023.

"Ada bagusnya kita gagal di partai uji coba, seperti turnamen mini kemarin. Sehingga pelatih bisa melihat kekurangan dan memperbaiki jelang event resmi yang di gelar," ujar Erwan Hendarwanto kepada Bola.com Rabu (1/3/2023) siang.

"Menurut saya yang paling menonjol dan kelihatan perlu pembenahan adalah finishing, ini penting sekali semoga bisa membaik penyelesaian tim kita. Sama mungkin sedikit dibenahi di lini belakang," lanjutnya.

 

4 dari 4 halaman

Tidak Mudah

Seperti diketahui, ketiga lawan Timnas Indonesia U-20 di Grup A bukanlah tim sembarangan. Sebab, ketiga negara tersebut punya rekam jejak bagus di Piala Asia U-20 2023. Juga turnamen antarpemain muda lainnya.

"Ya di atas kertas ibarat memang sulit ya, tapi bola itu kan bundar. Segala kemungkinan bisa terjadi di atas lapangan. Kita doakan saja Indonesia bisa melalui tiga pertandingan sesuai dengan harapan," katanya lagi memungkasi.

Video Populer

Foto Populer