Sukses


Suriah Vs Timnas Indonesia U-20 di Piala Asia U-20 2023: Laga Hidup dan Mati bagi Kedua Tim

Bola.com, Jakarta - Persaingan di Piala Asia U-20 2023 baru saja dimulai dengan melakoni matchday pertama babak penyisihan grup. Matchday kedua Grup A akan mempertemukan Suriah versus Timnas Indonesia U-20.

Pertandingan antara Suriah kontra Timnas Indonesia U-20 akan dimainkan di Stadion Lokomotiv, Sabtu (4/3/2023) malam mulai pukul 19.00 WIB. Bagi kedua tim, pertandingan nanti menjadi laga hidup dan mati.

Duel antara Timnas Indonesia U-20 kontra Suriah akan menjadi pertarungan bak hidup dan mati bagi kedua tim. Sebab keduanya sama-sama membutuhkan kemenangan demi menjaga asa lolos dari fase grup.

Timnas Indonesia U-20 dan Suriah sama-sama memiliki nilai nol. Kedua tim berbagi posisi di urutan terbawah karena punya selisih gol yang sama pula.

Kemenangan akan menghidupkan kans lolos dan bersaing dengan Uzbekistan serta Irak yang berhasil menang pada matchday pertama. Namun jika kalah, maka dipastikan harus angkat koper lebih cepat.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Kondisi Terluka

Baik Suriah maupun Timnas Indonesia sama-sama dalam kondisi terluka menjelang pertemuannya. Kedua tim sama-sama menelan kekalahan pada laga pertama.

Timnas Indonesia U-20 dipaksa menyerah 0-2 oleh Irak, Rabu (1/3/2023). Kedua gol yang berasarang ke gawang tim Garuda muda dihasilkan Hayder Abdulkareem dan Mohammed Jameel.

Sementara Suriah juga kalah pada laga pertamanya dari tuan rumah Uzbekistan. Suriah juga kalah dengan skor identik 0-2 yang dihasilkan oleh Abbosbeck Fayzullaev dan gol bunuh diri Zakaria Al Ramadan.

3 dari 6 halaman

PR Menumpuk

Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong, masih memiliki banyak pekerjaan rumah yang mesti dibenahi setelah anak asuhnya tumbang dari Irak U-20 pada laga perdana Grup A Piala Asia U-20 2023.

Pasalnya, kekalahan Timnas Indonesia U-20 dengan skor 0-2 ini memperlihatkan banyak sekali lubang yang mesti segera diperbaiki menjelang pertandingan berikutnya di Grup A.

Diantaranya adalah soal penyelesaian akhir yang buruk, pemain masih sering melakukan kesalahan elementer. Kemudian gagal memanfaatkan situasi lawan yang kalah jumlah pemain seperti saat menghadapi Irak kemarin. Hingga kurang sabar membangun serangan.

Penampilan Timnas Indonesia U-20 pada laga pertama sebenarnya tidak terlalu buruk. Statistik AFC mencatat, Timnas Indonesia U-20 sebenarnya mendominasi pertandingan. Pasukan Shin Tae-yong memiliki penguasaan bola mencapai 57 persen berbanding 43 persen milik Irak.

Namun, Timnas U-20 tak mampu memaksimalkan peluang yang didapat. Sebanyak tujuh tembakan didapat dan hanya dua yang tepat sasaran.

"Pada setiap turnamen laga pertama selalu penting, tentu saja dua laga selanjutnya sulit. Akan tetapi, kami tidak mau menyerah. Kami ingin menang, tidak hanya berpartisipasi di turnamen ini," kata Shin Tae-yong setelah laga pertama melawan Irak.

4 dari 6 halaman

Dapat Bocoran

Jelang laga kontra Suriah, Timnas Indonesia U-20 sebaiknya memaksimalkan bantuan dari pelatih Uzbekistan. Ya, Pelatih Timnas Uzbekistan U-20, Ravshan Khaydarov, berbagi tips dengan Timnas Indonesia U-20 cara untuk mengalahkan Suriah pada laga lanjutan Grup A Piala Asia U-20 2023.

Bocoran tersebut menjadi satu di antara faktor keberhasilan Uzbekistan U-20 menumbangkan Suriah U-20 dengan skor 2-0 pada laga Grup A Piala Asia U-20 2023, Rabu (1/3/2023) malam WIB.

Timnas Indonesia U-20 wajib memaksimalkan set piece saat menghadapi Suriah. kemenangan Uzbekistan atas Suriah kemarin tak lepas dari kejelian anak asuhnya memaksimalkan skema bola mati. Terbukti, semua gol Uzbekistan U-20 lahir via cara tersebut.

Gol pertama yang dicatatkan Abbosbek Fayzullaev, misalnya, lahir lewat eksekusi bola mati yang mematikan hingga tak bisa dijangkau oleh kiper lawan.

Kemudian, gol kedua tim tuan rumah tercipta dari tendangan sudut. Kali ini, gol tersebut memang tercipta lewat kegagalan pemain Suriah U-20, Zakaria Al Ramadan, yang justru menanduk bola ke gawangnya sendiri.

5 dari 6 halaman

Waspadai Kekuatan Suriah

Timnas Suriah U-20 boleh saja ikut kalah dari Uzbekistan pada pertandingan pertama. Namun mereka memiliki kekuatan tersembunyi yang wajib diwaspadai Timnas Indonesia U-20.

Setidaknya ada lima pemain andalan di kubu Suriah U-20 dengan mengenyam karier di klub Eropa. Mereka ialah kiper Maksim Sarraf (CSKA Moskow U-17), striker Mustafa Abdullatif (Hertha Berlin II), gelandang sayap Elias Safar (Järfälla), pemain sayap Hozan Osman (De Graafschap U-21) dan bek sayap Annas Al Hardan (Aalborg).

Di sisi lain, Timnas Suriah U-20 sangat bertekad lolos ke babak perempat final Piala Asia U-20 2023. Seperti yang diungkapkan sang pelatih, Mark Wotte.

"Kekalahan dari Uzbekistan membuat kami memiliki tekanan untuk laga melawan Indonesia. Kami harus menang untuk tetap bisa lolos dari fase grup," kata Mark Wotte di situs resmi AFC.

6 dari 6 halaman

Jadwal Pertandingan

Sabtu, 4 Maret 2023

19:00 WIB: Suriah Vs Timnas Indonesia U-20 - Stadion Lokomotiv

Video Populer

Foto Populer