Sukses


Istimewa! Daffa Fasya Rajai Daftar Kiper dengan Jumlah Penyelamatan Tertinggi di Piala Asia U-20 2023

Bola.com, Tashkent - Penampilan impresif yang dicatatkan oleh kiper Timnas Indonesia U-20, Daffa Fasya Sumawijaya, tak hanya membawa timnya menang atas Suriah U-20 pada laga lanjutan Grup A Piala Asia U-20 2023.

Sebab, Daffa Fasya yang tampil sigap di bawah mistar gawang sukses menghalau berbagai serangan. Aksi impresifnya membantu Timnas Indonesia U-20 menang 1-0 atas Suriah U-20 untuk tetap bersaing di Grup A Piala Asia U-20 2023.

Ini menjadi penampilan kedua yang dicatatkan oleh kiper berusia 18 tahun itu bersama Timnas Indonesia U-20. Sebab, sebelumnya iya juga dipercaya Shin Tae-yong untuk tampil pada laga melawan Irak U-20.

Meskipun pada laga sebelumnya sempat kebobolan dua gol, sebetulnya performa Daffa Fasya sangat istimewa. Sebab, ia melakukan penyelamatan dengan jumlah yang tinggi di kejuaraan ini.

2 dari 4 halaman

Tampil Gemilang

Pada laga melawan Suriah U-20, Daffa Fasya tercatat melakukan empat kali penyelamatan di bawah mistar gawang Timnas Indonesia U-20. Catatan ini turut menghasilkan nirbobol pertama di Piala Asia U-20 2023.

Sementara itu, pada pertandingan menghadapi Irak U-20, kiper asal Borneo FC ini melakukan enam kali penyelamatan. Sejauh ini, Daffa sudah membukukan total 10 saves di Piala Asia U-20 2023.

Jumlah itulah yang turut membawa Daffa Fasya menjadi raja saves di Piala Asia U-20 2023. Sebab, total penyelamatannya menduduki urutan tertinggi dibandingkan kiper-kiper lainnya di kejuaraan ini, setidaknya hingga Minggu (5/3/2023) pagi WIB.

3 dari 4 halaman

Ditempel Ketat

Dengan 10 penyelamatan itu, Daffa Fasya memang masih terhitung unggul jika dibandingkan dengan beberapa penjaga gawang yang tampil impresif sepanjang kejuaraan Piala Asia U-20 2023 ini.

Di urutan kedua, misalnya, ada kiper Timnas Irak U-20, Hussein Hassan, yang sudah membukukan sembilan saves dari dua penampilannya di Piala Asia U-20 2023.

Lalu, untuk urutan ketiga dan keempat diduduki oleh kiper China U-20, Li Hao, dan kiper Australia U-20, Jack Warshawsky. Keduanya sama-sama membukukan tujuh penyelamatan di kejuaraan ini.

4 dari 4 halaman

Selalu Jadi Pilihan Utama

Daffa Fasya Sumawijaya memang sejauh ini masih menjadi penjaga gawang pilihan utama Shin Tae-yong di Piala Asia U-20 2023.

Penampilan impresifnya di turnamen mini internasional lalu memang menjadi alasan yang cukup kuat bagi Shin Tae-yong untuk menggeser Cahya Supriadi.

Daffa Fasya tentu diharapkan bisa terus tampil klinis untuk menjaga gawang Timnas Indonesia U-20 dari kebobolan, terutama saat berjumpa Uzbekistan U-20 pada laga pamungkas Grup A Piala Asia U-20 2023.

 

Sumber: AFC

Video Populer

Foto Populer