Sukses


Liga 2 2022 / 2023 Tak Dilanjutkan, CEO Karo United: Sudah Sesuai Kesepakatan Bersama

Bola.com, Jakarta - PSSI menggelar sarasehan sepak bola Indonesia. Acara itu diikuti oleh perwakilan klub Liga 2 dan berlangsung di Surabaya pada Sabtu, (4/3/2023).

Ada satu keputusan besar yang diambil dari sarasehan itu. Yakni mengenai kepastian Liga 2 2022/2023. Liga 2 musim tersebut tidak akan dilanjutkan.

Salah satu tim Liga 2 di musim kompetisi 2022/2023, Karo United melalui perwakilannya menyatakan bahwa keputusan tersebut merupakan hasil kesepakatan bersama seluruh peserta Liga 2 yang diambil saat Sarasehan kemarin.

CEO Karo United, Effendi Syahputra memberikan penjelasan penghentian kompetisi kasta kedua sepak bola Indonesia itu sudah disepakati oleh semua klub yang terlibat hingga PSSI. Menurut dia ada sejumlah faktor yang membuat pihak klub  mendukung keputusan itu.

“Tidak dilanjutkannya Liga 2 itu adalah hasil konsensus dan kesepakatan bersama seluruh peserta klub Liga 2,” kata Effendi Syahputra, Minggu (5/3/2023).

2 dari 4 halaman

Waktu Mepet

Effendi menambahkan bahwa Ketua PSSI, Erick Thohir sebelumnya sudah memberikan waktu bagi para klub peserta untuk merumuskan dan menentukan soal nasib kompetisi Liga 2 dilanjutkan atau tidak.

“Akhirnya diputuskan bersama oleh seluruh peserta untuk tidak melanjutkan, karena memang kondisi waktu yang mepet. Seperti sudah mau memasuki bulan puasa dan lebaran, Liga 1 juga sudah mau selesai. Kemudian juga ada Piala Dunia U-20 juga,” terangnya.

"Jadi, bakal banyak hambatan, untuk itu kita sepakat untuk berhenti. Mulai musim baru pada bulan November juga kesepakatan kita supaya ada waktu untuk mempersiapkan, termasuk mempersiapkan operator Liga 2," jelas Effendi.

3 dari 4 halaman

Lampu Hijau dari PSSI

Lebih lanjut, Effendi Syahputra mengatakan bahwa semua klub telah melakukan diskusi terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan itu. Yang mana, keputusan tersebut pada akhirnya disetujui oleh Ketum PSSI yakni Erick Thohir.

"Ya, ini kesepakatan klub Liga 2 yang kemudian disetujui oleh Pak Erick, jadi jangan dibalik," kata Effendi.

4 dari 4 halaman

Turnamen Pramusim

Setelah digugurkannya Liga 2 2022/2023, rencananya akan ada sebuah turnamen pramusim untuk menyambut musim baru Liga 2 2023/2024.

Turnamen pramusim itu rencananya akan dilaksanakan pada Juli-September 2023 mendatang. Sementara Liga 2 musim depan sendiri akan dimulai kembali pada November 2023.

“Akan ada pramusim, dan menjadi program PSSI. Kami pasti dukung dan mungkin akan ikut berpartisipasi,” jelas Effendi Syahputra memungkasi.

Video Populer

Foto Populer