Sukses


5 Poin Hasil Sarasehan Sepak Bola, Erick Thohir Sesumbar Liga Indonesia Bisa Kalahkan Thailand dan Vietnam

Bola.com, Surabaya - PSSI telah menggelar Sarasehan Sepak Bola dengan klub BRI Liga 1 2022/2023 dan Liga 2 di Surabaya, Jawa Timur pada Sabtu (4/3/2023).

Hasil Sarasehan Sepak Bola itu disimpulkan dalam lima poin, termasuk penyesuaian jadwal BRI Liga 1 dengan Liga 2 untuk musim depan.

Ketua PSSI, Erick Thohir sesumbar bahwa setelah Sarasehan Sepak Bola, Liga Indonesia mampu berkembang pesat dan mengungguli Liga Thailand dan Liga Vietnam.

Berdasarkan data AFC Club Competitions Ranking dari AFC, Liga Indonesia masih jauh tertinggal dari Liga Thailand yang menempati peringkat kesembilan dan Liga Vietnam yang menduduki posisi ke-14.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 7 halaman

Keyakinan Erick Thohir

Liga Indonesia berada di urutan ke-26, masih kalah dari Liga Malaysia yang bercokol di tangga ke-20 dan Liga Filipina ke-19.

"Apakah PSSI mampu? Saya optimistis mampu mengalahkan Thailand dan Vietnam terkait dengan kompetisi," imbuh Erick Thohir dinukil dari laman PSSI.

"Di Sarasehan Sepak Bola, kita bicara bisnis hingga kompetisi yang ideal dan bagus. Ujung-ujung dari tujuannya adalah menyehatkan klub."

"Kalau pemilik klub harus bakar duit terus, klub itu pasti tidak akan sehat. Saya kira kita sepakat semua ingin maju, klub yang sehat, dan Timnas Indonesia yang tangguh," jelasnya.

3 dari 7 halaman

Ungkapan Erick Thohir

Erick Thohir berkaca kepada industri olahraga dunia seperti NBA dan kompetisi Eropa seperti Premier League hingga Serie A yang nilai komersialnya terus meningkat.

"Jadi, mereka belum bertanding saja sudah untung. Ke depan, kami ingin seperti itu. Apakah bisa? Bisa. Saya yakin," ungkap Erick Thohir.

Setelah bersama tim BRI Liga 1 dan Liga 2, Erick Thohir juga berencana mengadakan Sarasehan Sepak Bola bersama kesebelasan Liga 3 serta Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI. Selain itu, juga jambore suporter.

"Kompetisi sepak bola itu bukan komunitas yang eksklusif. Kita bersaing dengan negara lain. Jadi, banyak hal yang akan kami lakukan," terang Erick Thohir.

4 dari 7 halaman

Pergantian Nama Kompetisi

Dalam Sarasehan Sepak Bola, PSSI memutuskan untuk mengganti nama kompetisi dari BRI Liga 1 menjadi Liga Indonesia dan Liga 2 menjelma sebagai Liga Nusantara.

"Baik Liga 1 dan Liga 2 akan memperebutkan Piala Presiden. Untuk jadwal dua kompetisi itu juga sudah kami tetapkan," ungkap Wakil Ketua PSSI, Ratu Tisha Destria.

Selain itu, PSSI membuka kemungkinan perubahan format kompetisi dengan menggunakan babak play-off.

"Regulasi dan format kompetisi yang ditentukan dengan lebih menarik, dengan adanya sistem play-off," tulis hasil Sarasehan Sepak Bola poin keempat.

5 dari 7 halaman

Perubahan Format Kompetisi

Konsep pertama yaitu mengubah BRI Liga 1 menjadi tiga grup, dengan masing-masing grup diisi enam klub dan berlangsung selama tiga putaran.

Rumusan kedua yakni BRI Liga 1 berputar dengan satu wilayah yang dihuni 18 tim dengan nama babak reguler, lalu empat tim teratas lolos ke babak final series.

Peringkat pertama akan berhadapan dengan posisi ketiga, sementara peringkat kedua melawan posisi keempat untuk memperebutkan dua tiket ke babak Grand Final yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.

6 dari 7 halaman

Hasil Sarasehan Sepak Bola BRI Liga 1 dan Liga 2

1. Kalender kompetisi antara Liga 1 dan Liga 2 akan seminimal mungkin beririsan satu sama lain. Hal ini guna meningkatkan nilai komersial dan keolahragaan bagi Liga 2 agar kualitasnya naik secara signifikan.

2. Liga 2 akan memiliki slot yang tidak beririsan dengan Liga 1, sehingga fans dan suporter Liga 2 bisa menikmati sepak bola dengan lebih meriah.

3. Proteksi ekosistem bisnis Liga 1 dan Liga 2 yang akan dibangun dengan kepastian jadwal dan perizinan secara terpusat.

4. Regulasi dan format kompetisi yang ditentukan dengan lebih menarik, dengan adanya sistem play-off.

5. Klub Liga 1 dan klub Liga 2 sepakat untuk menatap ke depan mempersiapkan tim untuk musim 2023/2024. Di sela waktu khusus untuk Liga 2, akan dibuat mini turnamen untuk mempersiapkan tim.

7 dari 7 halaman

Intip Posisi Tim Favoritmu di Bawah Ini

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer