Sukses


Menpora Respons Kabar Justin Hubner Dipanggil Belanda U-20 meski Dinaturalisasi untuk Timnas Indonesia U-20

Bola.com, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainudin Amali akan mencari tahu informasi yang lengkap terkait pemanggilan Justin Hubner ke Timnas Belanda U-20.

Justin Hubner masuk daftar 35 pemain Belanda U-20 untuk beruji coba dengan Timnas Prancis U-20 di Banus Football Center, Marbella, Spanyol pada 25 Maret 2023.

Padahal, Justin Hubner bersama dua pemain keturunan lainnya, Ivar Jenner dan Rafael Struick tengah dalam proses naturalisasi untuk membela Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2023.

"Saya belum mendapatkan informasi yang lengkap. Saya belum mau berkomentar," ujar Amali ketika mengunjungi latihan Timnas Indonesia U-22 di Lapangan ABC Komplek Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat pada Sabtu (4/3/2023).

"Setelah saya mendapatkan informasi yang clear, baru saya bisa komentar. Karena Justin Hubner masih dalam proses naturalisasi dan menunggu DPR RI," ungkapnya.

2 dari 5 halaman

Sudah Memasuki Tahap Akhir

Naturalisasi Justin Hubner bersama dua pemain lainnya telah memasuki periode akhir. DPR akan melakukan Sidang Paripurna untuk ketiganya dalam beberapa waktu ke depan.

Setelah itu, Presiden Jokowi bakal menerbitkan Keputusan Presiden (Keppres) untuk ketiganya dan tahap terakhir adalah pengambilan sumpah di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

"Naturalisasi itu bukan kami yang paksa. Itu atas keinginan mereka. Sebab, saya tidak mau merekomendasikan pemain yang tidak diminta pelatih dan PSSI," ungkap Amali.

3 dari 5 halaman

Permintaan Shin Tae-yong

Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong secara khusus memang meminta ketiganya untuk dinaturalisasi PSSI dan Kemenpora demi Piala Dunia U-20 2023.

"Kalau dulu, klub-klub kan bisa mengajukan pemain untuk dinaturalisasi. Saya tidak mau itu. Kita tunggu saja cerita yang sebenarnya," terang Amali.

Namun, Justin Hubner belum tentu membela Belanda U-20 melawan Prancis U-20. Palang pintu asal Wolverhamton Wanderers U-21 itu mesti lolos seleksi lebih dulu.

"Seleksi akhir akan diumumkan pada Jumat, 17 Maret 2023," tulis Ons Oranje.

4 dari 5 halaman

Pernah Main buat Timnas Belanda U-19

Justin Hubner sedang bermain untuk Wolverhampton Wanderers U-21 yang berkancah di Premier League 2 2022/2023 atau kompetisi U-21 di Liga Inggris.

Justin Hubner lahir di Den Bosch, Belanda pada 14 Septeber 2003. Kakeknya berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan, sementara neneknya dari Bandung, Jawa Barat.

Transfermarkt mendata bahwa Justin Hubner pernah membela Timnas Belanda U-19 sebanyak tujuh kali dalam uji coba dan Kualifikasi Piala Eropa U-19 pada 2021-2022.

5 dari 5 halaman

Sudah 2 Kali Membela Timnas Indonesia U-20

Justin Hubner juga sudah pernah bermain untuk Timnas Indonesia U-20. Palang pintu berkaki kidal itu bertanding dua kali dalam festival sepak bola Costa Calida Region de Murcia Football Week di Soanyol.

Bersama Wolverhampton Wanderers U-21 di musim ini, Justin Hubner telah mencatatkan sebelas penampilan dengan total 644 menit bermain.

Video Populer

Foto Populer