Sukses


Adu Tajam Lini Depan Uzbekistan Vs Timnas Indonesia U-20 di Piala Asia U-20 2023: Dihiasi Catatan Ketimpangan

Bola.com, Jakarta - Sektor lini serang bakal menjadi salah satu faktor penentu dalam duel antara Timnas Indonesia U-20 melawan Uzbekistan U-20 pada laga pamungkas Grup A Piala Asia U-20 2023.

Menurut jadwal, duel antara Timnas Indonesia U-20 kontra Uzbekistan ini bakal berlangsung di Istiqlol Stadium, Fergana, Selasa (7/3/2023). Laga ini sangat menentukan kelolosan anak asuh Shin Tae-yong ke fase gugur Piala Asia U-20 2023.

Salah satu aspek yang patut menjadi perhatian dari pertandingan kali ini ialah efektivitas lini serang kedua kubu yang memperlihatkan tingkat akurasi yang cukup kontras.

Hasilnya pun juga cukup timpang. Sebab, Uzbekistan U-20 mampu menghasilkan tiga gol saja, sedangkan Timnas Indonesia U-20 sejauh ini baru bisa mencetak satu gol.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Gempuran Lini Serang Uzbekistan

Dari dua penampilannya di fase penyisihan Grup A Piala Asia U-20 2023, Timnas Uzbekistan U-20 memang sudah menampilkan dominasi yang luar biasa, terutama saat melawan Suriah dan Irak.

Secara keseluruhan, tim tuan rumah ini sudah melesakkan total 27 tembakan dari dua pertandingan tersebut. Namun, hanya ada tujuh yang menemui sasaran alias menjadi shots on target.

Total 27 tembakan yang dibukukan Uzbekistan U-20 ini menduduki peringkat keempat terbanyak. Mereka hanya kalah dari Iran (43), Korea Selatan (35), dan Irak (30).

3 dari 6 halaman

Pemain Andalan Uzbekistan: Abbosbek Fayzullaev

Dari segi hasil, Timnas Uzbekistan U-20 sebetulnya hanya bisa mencetak dua gol, yakni melalui Abbosbek Fayzullaev dan Pulatkhuzha Kholdorkhonov.

Sementara itu, satu gol lainnya yang dihasilkan skuad asuhan Ravshan Khaydarov lahir berkat gol bunuh diri pemain Timnas Suriah U-20, Zakaria Al Ramadan.

Abbosbek Fayzullaev memang menjadi salah satu pemain paling berbahaya milik tuan rumah. Dia sejauh ini sudah mencatatkan satu gol dan satu assist di Grup A Piala Asia U-20 2023.

Meskipun masih berusia 19 tahun, pemain asal Pakhtakor ini sudah tampil reguler bersama timnya, baik itu di ajang Superliga atau Liga Champions Asia.

Selama musim ini saja, Fayzullaev sudah menyumbangkan total delapan gol dan dua assist dari total 35 penampilannya di semua ajang bersama Pakhtakor.

4 dari 6 halaman

Catatan Evaluasi Timnas Indonesia U-20

Lini serang memang menjadi salah satu pekerjaan rumah terbesar yang masih harus segera dibereskan oleh pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong, di Piala Asia U-20 2023.

Pasalnya, efektivitas lini serang dalam memaksimalkan peluang masih meninggalkan catatan merah. Shin Tae-yong juga mengakui, penyelesaian akhir menjadi problem utama Timnas Indonesia U-20.

Hal ini terlihat dari jumlah tembakan yang sejauh ini sudah dilesakkan skuad Garuda Nusantara dari dua pertandingannya di Grup A Piala Asia U-20 2023.

Sejauh ini, ada tota 16 tembakan yang telah diciptakan Timnas Indonesia U-20. Namun, hanya ada enam di antaranya yang sukses menemui sasaran alias menjadi shots on target.

Dari semua upaya itu, hanya ada satu di antaranya yang bisa dikonversi menjadi gol, yakni oleh Hokky Caraka pada laga kontra Suriah U-20.

5 dari 6 halaman

Pemain Andalan: Hokky Caraka

Apabila mencari nama pemain andalan Timnas Indonesia dari dua pertandingan Grup A Piala Asia  U-20 2023, maka salah satu yang patut dipertimbangkan ialah Hokky Caraka.

Pasalnya, Hokky selalu menjadi pilihan utama Shin Tae-yong di lini depan. Daru dua pertandingan itu, ia juga selalu tampil penuh selama 2x45 menit.

Penyerang asal PSS Sleman ini juga menduduki peringkat kedua dalam daftar pemain yang paling banyak melepaskan tembakan di kejuaraan Piala Asia U-20 2023.

Sejauh ini, dia sudah tercatat melesakkan total lima tembakan. Dari semua upaya ini, tiga di antaranya sukses menghasilkan shots on target alias menemui sasaran.

6 dari 6 halaman

Jadwal Pertandingan

Matchday 3 Grup A Piala Asia U-20 2023

Senin, 7 Maret 2023

  • Uzbekistan Vs Timnas Indonesia U-20
  • Kick-off: 21.00 WIB
  • Stadion Istiqlol
Shin Tae-yong Punya Cara Cerdik Bantai Irak

Video Populer

Foto Populer