Sukses


Gawat! FIFA Ancam Coret 2 Stadion Piala Dunia U-20 2023, Ada Apa?

Bola.com, Jakarta - Ketua PSSI, Erick Thohir, mengatakan FIFA mengancam akan mencoret dua stadion yang tidak siap menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Ada apa?

Erick baru saja menggelar rapat maraton dengan Local Organizer Committee (LOC) Piala Dunia U-20 2023. Terbaru membicarakan operasional, keselamatan, dan keamanan di Kantor PSSI, GBK Arena, Jakarta Pusat pada Senin (6/3/2023).

"Sejak kemarin, saya sudah melakukan rapat bersama LOC. Saya melihat update dari setiap divisi dan isu-isunya," ujar Erick Thohir dinukil dari laman PSSI.

"Hari ini kami membahas terkait operation, safety, dan security. Dari hasil rapat operation, FIFA memberikan sejumlah catatan," imbuh Erick Thohir.

2 dari 5 halaman

6 Stadion Piala Dunia U-20 2023

PSSI telah mempersiapkan enam stadion sebagai venue Piala Dunia U-20 2023. Keenamnya adalah Stadion Gelora Sriwijaya, Palembang hingga Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Selain itu, juga Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Stadion Manahan, Solo, Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, dan Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar.

Erick Thohir menjelaskan FIFA bakal melakukan pengecekan ulang terhadap enam stadion itu dan lapangan latihan pendukungnya pada 21-27 Maret 2023.

3 dari 5 halaman

Penjelasan Erick Thohir

"Ada catatan dari FIFA bahwa mereka bisa dan berhak mencoret enam stadion menjadi empat stadion dan lapangan latihan juga bisa dikurangi," ucap Erick Thohir.

"Kami tidak ingin hal ini terjadi karena ada bagian kerja pemerintah pusat yang dipegang Kementerian Pekerjaan Rumah dan Perumahan Rakyat dan peran penting pemerintah daerah," jelasnya.

Namun, Erick Thohir tidak mengungkapkan stadion mana saja yang kemungkinan dapat direduksi FIFA untuk menjadi penyelenggara Piala Dunia U-20 2023.

4 dari 5 halaman

Turun Langsung Mengecek Stadion

Erick Thohir berencana untuk turun ke enam stadion Piala Dunia U-20 2023 itu dan mengajak delegasi dari LOC, FIFA, pemerintah pusat, dan pemerintah daerah.

"Akhir pekan ini saya akan mendatangi enam stadion dan saya akan minta perwakilan dari LOC, FIFA, pemerintah pusat, dan pemerintah daerah agar membenahi kekurangan stadion dan lapangan latihan satu per satu," tutur Erick Thohir.

"Masih ada waktu untuk memperbaiki dan ini menjadi komitmen dari kami," imbuh pria yang juga menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI tersebut.

5 dari 5 halaman

Jadwal Piala Dunia U-20 2023

Piala Dunia U-20 2023 akan digelar di Indonesia pada 20 Mei-11 Juni 2023 yang rencananya dibuka di SUGBK dan ditutup di Stadion Manahan.

Sejauh ini, peserta Piala Dunia U-20 2023 tinggal menunggu empat dari wakil Asia untuk menggenapi kontestan menjadi 24 tim.

Video Populer

Foto Populer