Sukses


Dua Pemain Timnas Indonesia U-20 Catatkan Statistik Istimewa di Fase Grup Piala Asia U-20 2023

Bola.com, Tashkent - Lini pertahanan Timnas Indonesia U-20 memang layak mendapatkan kredit khusus saat menghadapi gempuran serangan lawan sepanjang fase penyisihan Grup A Piala Asia U-20 2023.

Terlepas dari kekalahan 0-2 dari Irak U-20 pada laga perdana Grup A, barisan pertahanan Timnas Indonesia U-20 mampu tampil luar biasa dalam dua pertandingan tersisa di Grup A.

Sebab, dalam duel melawan Suriah U-20 dan Uzbekistan U-20, skuad asuhan Shin Tae-yong memang cenderung ditekan oleh lawan-lawan yang tampil lebih dominan.

Namun, situasi tertekan ini akhirnya berhasil dikendalikan berkat performa apik para pemain bertahan. Setidaknya, ada dua nama yang patut diapresiasi karena memiliki catatan statistik yang istimewa. Berikut Bola.com menyajikan ulasannya.

 

2 dari 3 halaman

Muhammad Ferarri – 17 Sapuan

Kapten Timnas Indonesia U-20, Muhammad Ferarri, menjadi sosok tulang punggung di sektor pertahanan. Penampilannya cukup baik dalam membendung serangan lawan.

Bek asal Persija Jakarta ini sukses mencatatkan namanya dalam daftar pencetak clearances atau sapuan terbanyak sepanjang fase penyisihan grup Piala Asia U-20 2023.

Dari tiga penampilan, Ferarri sudah membukukan total 17 kali sapuan. Catatan ini menjadi yang tertinggi ketiga dari seluruh pemain yang tampil.

Dia hanya kalah dari pemain China, Liu Haofan (19 sapuan), dan bek Australia, Joshua Rawlins (18 sapuan). Selain itu, pemain lainnya yang membukukan 17 clearances ialah Zhang Yixuan (Cina) dan Le Nguyen Hoang (Vietnam).

Catatan sapuan ini memang cukup penting sebagai salah satu defensive action untuk mengakhiri situasi tertekan ketika menghadapi serangan lawan.

Muhammad Ferarri juga menjadi pemain paling sering diandalkan di lini belakang. Pemain yang paling sering menemani Ferarri ialah Kakang Rudianto.

 

3 dari 3 halaman

Daffa Fasya Sumawijaya – 14 Penyelamatan

Selain Muhammad Ferarri, pemain Timnas Indonesia U-20 yang juga membukukan statistik impresif selama fase penyisihan Grup A Piala Asia U-20 2023 ialah Daffa Fasya Sumawijaya.

Kiper asal Borneo FC ini menjelma andalan baru Shin Tae-yong di bawah mistar gawang. Dia sukses tampil istimewa dengan melakukan aksi-aksi penyelamatan yang krusial.

Dari total tiga pertandingan, Daffa berhasil mencatatkan 14 kali saves. Sejauh ini, angka itu menjadi jumlah tertinggi kedua setelah kiper Timnas Irak U-20, Hussein Hassan, yang mencetak 15 saves.

Total 14 penyelamatan ini tersebar dalam tiga pertandingan. Empat di antaranya pada laga kontra Irak U-20, enam pada laga melawan Suriah U-20, dan empat lainnya ketika berhadapan dengan Uzbekistan U-20.

Berkat performa itu pula, Daffa sukses mencatatkan dua kali cleansheet di fase penyisihan grup Piala Asia U-20 2023. Dia hanya kalah dari kiper Uzbekistan, Otabek Boymurodov, yang membukukan tiga nirbobol.

Video Populer

Foto Populer