Sukses


Prediksi Persikabo 1973 Vs PSM di BRI Liga 1: Momentum Memperbesar Gap Poin

Bola.com, Jakarta - PSM Makassar belum terkalahkan dalam delapan laga terakhir mereka di BRI Liga 1 2022/2023. Kemenangan demi kemenangan yang diraih membuat klub berjulukan Juku Eja itu kokoh di puncak klasemen sementara.

PSM Makassar mengemas 62 poin dari 28 laga. Mereka leading 10 angka dari Persib Bandung di peringkat kedua dan 11 poin dari Persija Jakarta di posisi ketiga. Hanya saja, kedua tim ini baru memainkan 26 pertandingan sejauh ini.

Peluang Juku Eja memperlebar gap poin dari dua rival terdekat cukup terbuka. Kebetulan pada laga pekan ke-29 PSM Makassar bakal dijamu tim penghuni papan bawah, Persikabo 1973.

Ya, saat ini Persikabo 1973 masih tertahan di peringkat 13 klasemen dengan torehan 32 poin. Bentrok kedua tim bakal tersaji di Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat, Kamis (9/3/2023) pukul 17:00 WIB.

 

2 dari 6 halaman

Mental Juara

Tambahan tiga poin di laga nanti tentu sangat penting bagi PSM demi memantapkan posisi mereka di puncak klasemen BRI Liga 1 2022/2023. Hal itu disadari betul oleh pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares.

Jika mampu melanjutkan tren positif, maka asa untuk merengkuh gelar juara BRI Liga 1 2022/2023 akan semakin dekat. Bernardo Tavares menilai rangkaian hasil positif timnya tak lepas dari mental juara para pemain.

Itu ditunjukkan Pasukan Ramang saat mereka melakukan comeback sensasional kontra Persis Solo pada pekan lalu. Sempat dua kali tertinggal, PSM akhirnya menang 3-2.

"Saya tidak hitung soal berapa kali kami comeback tapi saya hitung pertandingan melawan tim yang kami hadapi,” kata pelatih asal Portugal itu seperti dikutip laman Liga Indonesia.

"Untuk mentalitas champions, saya setuju bahwa kita punya mentalitas," sambungnya.

Yang pasti, Bernardo Tavares senang dengan penampilan anak asuhnya kala menghajar Persis di Stadion Gelora B. J. Habibie, Parepare, Sulawesi Selatan, 5 Maret 2023 lalu.

Nah, performa apik itu diharapkan kembali ditampilkan anak asuhnya kala meladeni Persikabo 1973 nanti. Dia berharap tiga poin menjadi milik PSM Makassar.

 

3 dari 6 halaman

Tak Jemawa

Kendati begitu, Bernardo Tavares mewanti-wanti pemain untuk tidak jemawa atas capaian positif di Liga 1 sejuah ini. Dia tak ingin pemain terlena dengan performa tim yang cukup impresif, mengingat persaingan menuju gelar juara BRI Liga 1 terbilang sengit.

Pelatih berusia 42 tahun itu pun menegaskan skuad PSM akan fokus menghadapi laga demi laga yang tersisa musim ini. Tak perlu memikirkan hal lain di luar pertandingan. “Kami hanya akan memikirkan pertandingan selanjutnya, selangkah demi selangkah,” ucap dia.

PSM Makassar datang ke Bogor dalam keadaan pincang. Sebab, dua pemain pilar mereka dipastikan absen dalam laga nanti.

Mereka adalah Erwin Gutawa dan Yuran Fernandes.Keduanya harus absen karena terkena akumukasi kartu kuning.

Kehilangan Erwin dan Yuran jelas meninggalkan lubang di lini belakang PSM Makassar. Mengingat duet keduanya dalam enam laga terkini membuat pertahanan Juku Eja susah ditembus lawan.

 

4 dari 6 halaman

Percaya Diri

Persikabo 1973 bertekad melanjutkan tren kemenangan dalam laga nanti. Dua kemenangan beruntun atas PSS Sleman dan Bali United FC menjadi modal bagus Laskar Padjajaran kala menjamu Juku Eja.

Pelatih Aidil Sharin Sahak menyebut para pemain sudah siap secara mental. Dia mengingatkan anak asuhnya untuk menjaga fokus dan konsentrasi saat menghadapi tim kuat PSM Makassar.

"Persiapan sudah kami buat sebelumnya, yang penting sekarang recovery dari pemain. Mental pemain sudah siap, kita tahu PSM tim kuat, konsisten, karena sekarang mereka di atas. Jadi kami akan berusaha lagi seperti yang kami lakukan," papar Aidil Sharin.

"Kita tahu PSM ada di puncak klasemen, jadi pemain harus punya mentalitas yang kuat. Sepak bola 90 menit harus konsisten dan fokus. Kami tidak boleh lengah karena mereka melakukan serangan balik cepat. Jadi harus fokus dari laga sebelumnya," pungkasnya.

 

5 dari 6 halaman

Prakiraan Susunan Pemain dan Prediksi Bola.com

  • Persikabo 1973 (3-4-3): Syahrul Trisna (g); Andy Setyo, Lucas Gama, Didik Wahyu; Roni Sugeng, Tegar Infantrie, Manahati Lestusen, Syahrul Lasinari; Dimas Drajad, Silvio Junior, Komarudin.
  • Pelatih: Aidil Sharin
  • PSM Makassar (4-4-2): Reza Arya (g); Safrudin Tahar, Ahmad Rusadi, Agung Mannan, Yance Sayuri; Rasyid Bakri, Muhammad Arfan, Kenzo Nambu, Rizky Eka; Wiljan Pluim, Everton Nascimento
  • Pelatih: Bernardo Tavarez

Prediksi Bola.com: 40-60

Kamis, 9 Maret 2023

Venue: Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat

Kick-off 17:00 WIB

6 dari 6 halaman

Posisi PSM saat Ini

Video Populer

Foto Populer