Sukses


Analisis Persaingan Papan Bawah BRI Liga 1 2022 / 2023: Persik Kediri Melejit, Dua Tim Semakin Terjepit

Bola.com, Jakarta - Peta persaingan di papan bawah klasemen kompetisi BRI Liga 1 2022/2023 mengalami perubahan komposisi. Tiga posisi zona merah kini telah mendapatkan penghuni baru.

Perubahan posisi ini tak terlepas dari melejitnya Persik Kediri yang memperlihatkan peningkatan performa pada beberapa pertandingan terakhirnya di BRI Liga 1.

Berkat kebangkitan itu, Persik sukses bangkit untuk melepaskan dirinya dari zona merah. Sementara itu, dua tim lainnya tak bisa berbuat banyak.

Performa mereka yang tak kunjung membaik membuat peringkatnya semakin terjepit di papan bawah klasemen.

Menariknya, ada satu penghuni baru yang kini harus terpeleset ke posisi tiga terbawah karena performanya semakin jeblok. Berikut Bola.com menyajikan ulasannya.

 

 

 

2 dari 5 halaman

Persik Kediri Melesat

Sejauh ini, Persik Kediri menjadi satu-satunya kontestan papan bawah yang mampu mencatatkan kebangkitan di BRI Liga 1 2022/2023. Yang terbaru, mereka sukses menyapu bersih empat laga dengan kemenangan.

Hasil luar biasa itu dibukukan skuad Macan Putih saat berjumpa RANS Nusantara FC (5-1), Arema FC (3-2), Barito Putera (2-0), dan Persib Bandung (2-0).

Kemenangan yang diraih atas Persib tentu menjadi catatan yang luar biasa, mengingat tim Pangeran Biru merupakan salah satu tim papan atas yang berada di jalur perebutan gelar juara BRI Liga 1.

Dengan koleksi 12 poin dari empat kemenangan terakhir ini, skuad asuhan Divaldo Alves berhasil meninggalkan zona merah. Kini mereka duduk di peringkat ke-15 klasemen sementara dengan koleksi 29 poin dari 28 laga.

 

 

 

3 dari 5 halaman

Dua Tim Semakin Terjepit

Sementara itu, persaingan papan bawah klasemen masih diwarnai dengan tiga kontestan yang mengalami kesulitan untuk mencatatkan kebangkitan. Mereka adalah PSS Sleman, Barito Putera, dan RANS Nusantara FC.

PSS Sleman jadi salah satu tim yang paling merana lantaran mereka terjebak dalam tren kekalahan pada lima pertandingan terakhirnya di BRI Liga 1.

Lima kekalahan beruntun ini menyeret tim Elang Jawa ke peringkat 16 klasemen dengan koleksi 28 poin dari 29 pertandingan. Mereka kini menjadi penghuni baru di zona merah.

Nasib RANS Nusantara FC malah lebih merana. Pasalnya, mereka masih tetap setia berkubang dengan status tim juru kunci di klasemen. Hal ini tak terlepas dari catatan 13 pertandingan terakhir yang tak pernah diwarnai kemenangan.

Akibatnya, skuad asuhan Rodrigo Santana hanya mampu meraih 18 poin dari 28 laga. Catatan buruk lainnya ialah mereka hanya bisa meraih tiga kemenangan sepanjang musim ini. 

 

 

 

4 dari 5 halaman

Barito Putera Ancang-Ancang

Sementara itu, kontestan lainnya yang menghuni papan bawah ialah Barito Putera. Berbeda dengan PSS dan RANS yang masih terimpit, Laskar Antasari sudah mulai ancang-ancang mengatrol posisinya.

Hal ini karena mereka sukses meraih dua kemenangan pada tiga laga terakhirnya. Tim-tim kuat semacam Persib Bandung dan Persebaya Surabaya digebuk dengan skor yang identik 2-1.

Namun, anak asuh Rahmad Darmawan memang masih tertahan di peringkat ke-17. Mereka mendapatkan 28 poin dari 29 pertandingan di BRI Liga 1.

5 dari 5 halaman

Yuk Lihat Peta Persaingan

Video Populer

Foto Populer