Sukses


Salam Perpisahan Zainudin Amali Setelah Mundur dari Kursi Menpora: Senam Pagi, Berpamitan, Langsung Fokus ke PSSI

Bola.com, Jakarta - Zainudin Amali memutuskan untuk mundur dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI. Pria berusia 60 tahun itu memilih fokus sebagai Wakil Ketua PSSI.

Zainudin Amali telah menyerahkan surat pengunduran diri sebagai Menpora kepada Menteri Sekretariat Negara (Mensesneg), Pratikno di Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), Jakarta Pusat pada Kamis (9/3/2023).

Pada Jumat (10/3/2023) pagi WIB, Amali menggelar senam bersama dan ramah tamah bersama aparatur sipil negara (ASN) dan pegawai Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

"Saya senang menjadi bagian dari ini. Yang punya rumah ini adalah teman-teman para ASN hingga honorer yang berada di kantor ini," ujar Zainudin Amali.

2 dari 5 halaman

Terpilih sebagai Wakil Ketua PSSI

Zainudin Amali sudah menjabat sebagai Menpora RI sejak Oktober 2019 ketika Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin membentuk Kabinet Indonesia Maju.

Namun, pada 16 Februari 2023 dalam Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI di Jakarta, Amali terpilih sebagai Wakil Ketua PSSI selama empat tahun hingga 2027 bersama Ratu Tisha Destria.

"Menteri datang dan pergi silih berganti. Semangat semua. Semua bidang sudah tertata. Saya berharap tetap terjaga," imbuh Amali.

3 dari 5 halaman

Ungkapan Zainudin Amali

Amali dan Ratu Tisha menjadi Wakil dari Ketua PSSI, Erick Thohir yang juga berperan sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI.

Amali berjanji akan tetap memperhatikan Kemenpora. Politikus Partai Golkar itu meminta kepada ASN dan pegawai untuk tetap terbuka kepadanya.

"Walau kita tidak bersama-sama lagi di sini, saya akan mengawal dari luar. Kalau ada yang sulit boleh diskusi lagi dengan saya," jelas Amali.

4 dari 5 halaman

3 Pengganti Zainudin Amali

Tiga calon mencuat sebagai pengganti Amali menjadi Menpora. Ketiganya adalah kader dari Partai Golkar yaitu Putri Komaruddin, Ilham Permana, dan Dito Ariotedjo.

"Itu hak untuk penggantinya hak prerogatif Bapak Presiden. Jadi sebagaimana yang pernah sudah saya sampaikan beberapa waktu lalu secara informal, secara lisan," terang Amali, kali ini dinukil dari Antara.

"Saya bakal bertemu Pak Jokowi kemungkinan pada Senin, 13 Maret 2023. Tinggal tunggu saja. Kan keputusan ada di Bapak Presiden," ucapnya.

5 dari 5 halaman

Intip Posisi Tim Favoritmu di Bawah Ini

Video Populer

Foto Populer