Sukses


Jawaban Zainudin Amali soal Kemungkinan Naik Jadi PSSI 1 jika Erick Thohir Maju Pilpres 2024

Bola.com, Jakarta - Wakil Ketua PSSI, Zainudin Amali memastikan bahwa Erick Thohir akan tetap memimpin PSSI selama empat tahun ke depan atau hingga 2027 di tengah rumor maju ke Pemilihan Presiden (Pilpres) pada 2024.

Sejumlah lembaga survei menempatkan Erick Thohir sebagai unggulan untuk menjadi Calon Wakil Presiden (Cawapres) pada Pilpres 2024.

Jika Erick Thohir maju sebagai Cawapres dan mundur dari Ketua PSSI, maka Amali yang menjadi Wakil Ketua PSSI 1 berhak menggantikannya di kursi pimpinan PSSI.

Rumor Amali dapat naik ke singgasana Ketua PSSI makin menguat dengan keputusannya untuk meletakkan jabatannya sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI per Kamis (9/3/2023).

2 dari 5 halaman

Tanggapan Zainudin Amali

Lantas, bagaimana tanggapan Amali terkait isu skenario itu? Politikus dari Partai Golkar ini dengan tegas menyanggahnya.

"Tidak, tidak ada. Pak Erick Thohir tetap sebagai Ketua PSSI sampai 2027. Clear ya," ujar Amali.

"Saya akan membantu Ketua PSSI. Yang mempunyai visi dan misi itu Ketua PSSI. Wakil Ketua dan anggota Exco PSSI membantu mewujudkan apa yang sudah menjadi visi dan misi Ketua PSSI," jelasnya.

3 dari 5 halaman

Komitmen Erick Thohir

Sementara itu, Erick Thohir telah berkomitmen untuk menjadi Ketua PSSI sampai periode kepemimpinannya tuntas pada 2027. Mantan Presiden Inter Milan itu berharap tidak dikudeta oleh anggotanya dengan cara meminta Kongres Luar Biasa (KLB).

"Saya sebagai pimpinan PSSI yang dipercayakan, mudah-mudahan empat tahun. Kan sering KLB juga," imbuh Erick Thohir.

"Mudah-mudahan dengan saya bikin terobosoan, saya tidak di-KLB-in," ucap pria yang juga menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI tersebut.

4 dari 5 halaman

Perpisahan

Sementara itu, Amali telah menyerahkan surat pengunduran diri sebagai Menpora kepada Menteri Sekretariat Negara (Mensesneg), Pratikno di Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), Jakarta Pusat pada Kamis (10/3/2023).

Pada Jumat (11/3/2023) pagi WIB, Amali menggelar senam bersama dan ramah tamah bersama aparatur sipil negara (ASN) dan pegawai Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

"Saya senang menjadi bagian dari ini. Yang punya rumah ini adalah teman-teman para ASN hingga honorer yang berada di kantor ini," ujar Amali.

5 dari 5 halaman

Intip Posisi Tim Favoritmu di Bawah Ini

Video Populer

Foto Populer