Sukses


Zainudin Amali Enggak Gengsi Turun dari Menpora Jadi Wakil Ketua PSSI: Saya Sudah Kalkulasikan

Bola.com, Jakarta - Zainudin Amali turun kasta. Politikus Partai Golkar ini memilih untuk mundur dari jabatannya sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI untuk menjadi Wakil Ketua PSSI.

"Sudah saya kalkulasikan. Saya tidak memperhitungkan soal jabatan naik atau turun," ujar pria asal Gorontalo berusia 60 tahun tersebut.

Amali terpilih sebagai Wakil Ketua PSSI untuk periode 2023-2027 dalam Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI ketika masih menjabat sebagai Menpora RI.

"Mengurus rakyat dan mengurus sepak bola, saya tidak boleh memakai perasaan. Mau turun gengsinya, saya kira untuk bangsa dan negara ini di posisi apapun, harus dikerjakan," jelasnya.

2 dari 5 halaman

Agendakan Pertemuan dengan Presiden Jokowi

Amali telah menyerahkan keputusan pengunduran diri sebagai Menpora kepada Menteri Sekretariat Negara (Mensesneg), Pratikno di Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), Jakarta Pusat pada Kamis (9/3/2023).

Amali belum bertemu dengan Presiden Jokowi terkait peletakan jabatannya sebagai Menpora, tetapi berencana untuk menghadapnya pada 13 Maret 2023.

"Saya belum bertemu Pak Presiden. Baru nanti awal pekan depan. Pada saat berdiskusi, memang beliau sempat bertanya apakah tidak rangkap jabatan saja," ungkap Amali.

3 dari 5 halaman

Ungkapan Zainudin Amali

"Beliau sempat menyampaikan begitu sebelum saya mendaftar sebagai Wakil Ketua PSSI. Terpenting bisa mengatur waktu. Lalu saya sampaikan kepada beliau," kata Amali.

"Saya Menpora, akan terjadi konflik kepentingan buat saya jika mengurus satu cabang olahraga sementara saya harus mengurus cabor lainnya."

"Tidak etislah. Sedikit-sedikit masih ada etikanya," papar Amali yang telah menjadi Menpora RI sejak kabinet Indonesia Indonesia Maju dibentuk pada 2019 tersebut.

4 dari 5 halaman

Kandidat Pengganti Zainudin Amali

Tiga calon mencuat sebagai pengganti Amali menjadi Menpora. Ketiganya adalah kader dari Partai Golkar yaitu Putri Komaruddin, Ilham Permana, dan Dito Ariotedjo.

"Untuk penggantinya hak prerogatif Bapak Presiden. Jadi sebagaimana yang pernah saya sampaikan beberapa waktu lalu secara informal, secara lisan," terang Amali, kali ini dinukil dari Antara.

"Saya bakal bertemu Pak Jokowi kemungkinan pada Senin, 13 Maret 2023. Tinggal tunggu saja. Kan keputusan ada di Bapak Presiden," ucapnya.

 
5 dari 5 halaman

Intip Posisi Tim Favoritmu di Bawah Ini

Video Populer

Foto Populer