Sukses


Jokowi Bertitah, Ini Pengganti Zainudin Amali yang Mundur dari Menpora

Bola.com, Denpasar - Presiden RI, Joko Widodo alias Jokowi menunjuk Muhadjir Effendy sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI pengganti Zainudin Amali.

Amali memutuskan mundur dari Menpora setelah terpilih sebagai Wakil Ketua PSSI untuk periode 2023-2027 dalam Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI pada 16 Februari 2023.

Muhadjir, yang juga berstatus sebagai pembantu Jokowi dalam kabinet Indonesia Maju, adalah Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) RI.

Namun, Jokowi belum bisa menetapkan pengganti definitif buat posisi yang ditinggalkan Amali yang meletakkan jabatannya sebagai Menpora pada pekan lalu.

2 dari 5 halaman

Penjelasan Jokowi

"Penggantinya ditunggu saja. Nanti segera kami putuskan," ujar Jokowi di Denpasar, Bali dinukil dari Antara.

"Sekarang, jabatan Menpora sudah di-Plt-kan kepada Pak Menko PMK," imbuh mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Jokowi juga telah bertemu dengan Amali pada Senin (13/3/2023) pagi WIB untuk menyetujui pengunduran dirinya sebagai Menpora.

3 dari 5 halaman

Mundur sejak Pekan Lalu

Amali sudah menyerahkan surat resign dari Menpora kepada Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) pada 9 Maret 2023.

"Surat pengunduran diri ada di Setneg. Tadi saya sudah menyetujui," imbuh Jokowi.

4 dari 5 halaman

Diizinkan Jokowi

Sebagai Wakil Ketua PSSI 1, Amali berpeluang naik menjadi Ketua PSSI jika Erick Thohir meninggalkan kursi pimpinan federasi terkait kemungkinan maju ke Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Saya diizinkan untuk mundur dari jabatan Menpora per hari ini. Jadi saya mohon tidak ada pertanyaan lagi tentang itu," ungkap Amali.

5 dari 5 halaman

Kemungkinan Naik Jadi Ketua PSSI

Lantas, bagaimana tanggapan Amali terkait isu skenario naik ke takhta pimpinan PSSI? Politikus dari Partai Golkar ini dengan tegas menyanggahnya.

"Tidak, tidak ada. Pak Erick Thohir tetap sebagai Ketua PSSI sampai 2027. Clear ya," ujar Amali.

"Saya akan membantu Ketua PSSI. Yang mempunyai visi dan misi itu Ketua PSSI. Wakil Ketua dan anggota Exco PSSI membantu mewujudkan apa yang sudah menjadi visi dan misi Ketua PSSI," jelasnya.

Video Populer

Foto Populer