Sukses


Hasil BRI Liga 1: Ditahan Persis, Arema FC Lagi-Lagi Gagal Menang

Bola.com, Solo - Arema FC belum mampu memutus tren negatif di BRI Liga 1 musim ini. Bermain di Stadion Maguwoharjo, Rabu (15/3/2023) sore WIB, tim yang dijuluki Singo Edan itu bermain imbang 1-1 melawan Persis Solo.

Hasil tersebut sebenarnya tidak terlalu buruk. Lantaran Arema berstatus sebagai tim tamu. Namun, Arema FC gagal meraih kemenangan dalam empat laga terakhir di Liga 1.

Sebelumnya mereka kalah 0-1 dari Persib Bandung, takluk 2-3 dari Persik Kediri, dan bermain imbang 0-0 melawan Dewa United.

Tambahan satu poin membuat Arema FC tetap berada di urutan 13 klasemen sementara BRI Liga 1 dengan 34 poin. Sama halnya dengan Persis yang masih menghuni peringkat ke-10 dengan 37 poin.

 

2 dari 6 halaman

Babak Pertama

Kedua tim masih melakukan penjajakan pada awal babak pertama. Pada menit ke-9, Arema FC yang berstatus tim tamu membuka peluang lebih dulu.

Sebuah umpan kepala Jayus Hariono mengarah kepada Ilham Udin Armaiyn yang punya ruang bebas didekat kotak penalti. Namun, tendangan kaki kirinya masih melambung.

Masuk menit ke-26, Dendi Santoso berhasil membawa Arema FC memimpin. Tendangan kaki kirinya dari luar kotak penalti membentur badan Jaimerson dan berubah arah.

Kiper Persis, Gianluca terlanjut terbang ke arah yang salah. Persis hampir menyamakan kedudukan pada menit ke-29.

Irfan Bachdim yang dapat bola liar di sisi kiri pertahanan Arema bisa melepaskan crossing ke dalam kotak penalti. Ferdinand Sinaga berhasil menanduknya. Namun, bola bisa ditepis kiper Arema, Adilson Maringa.

Hingga jeda, skor 1-0 untuk keunggulan Arema FC tetap bertahan.

 

3 dari 6 halaman

Babak Kedua

Persis melakukan perubahan. Irfan Jauhari dan Kanu Helmiawan dimasukkan untuk mempertajam serangannya.

Sementara itu, trio lini depannya masih dipertahankan, yakni Ferdinand Sinaga, Irfan Bachdim, dan Fernando Rodrigues. Sehingga masuknya Irfan Jauhari membuat Persis tampil dengan empat penyerang.

Sebuah indikasi Persis sangat bernafsu mengejar keunggulan Arema FC. Namun, upaya Tim Laskar Sambernyawa untuk mencetak gol tak kunjung membuahkan hasil. 

Masuk menit ke-61, Persis memasukkan Samsul Arif yang menggantikan Irfan Bachdim. Baru satu menit di lapangan, aksi Samsul dihentikan Rizky Dwi di dalam kotak penalti.

Alhasil, wasit memberikan penalti untuk Persis. Fernando Rodrigues yang maju sebagai algojo menjalankan tugasnya dengan baik. Skor berubah menjadi 1-1.

4 dari 6 halaman

Emosional

Skor tersebut membuat pemain Arema FC tak bisa mengendalikan emosinya. Beberapa pelanggaran keras mulai dilakukan. Dua kartu kuning dicabut wasit untuk Ahmad Alfarizi dan Abel Camara.

Pada menit ke-84, Persis Solo berhasil mencetak gol berkat aksi Samsul Arif. Sayangnya, gol itu dianulir wasit karena Abduh Leslatuhu yang memberikan umpan sudah berada di posisi offside.

Ketika laga berjalan 87 menit, Persis Solo harus bermain dengan 10 orang. Taufiq Febriyanto menerima kartu kuning kedua setelah melanggar Jayus Hariono. Sampai laga rampung, skor imbang 1-1 tetap bertahan. 

 

5 dari 6 halaman

Susunan Pemain

Persis Solo (3-4-3): Gianluca Pandeynuwu (kiper); Andri Ibo, Jaimerson Xavier, Rian Miziar (belakang); Sutanto Tan, Arapenta Purba, Alexis Messidoro, Abduh Leslatuhu (tengah); Irfan Bachdim, Fernando Rodrigues, Ferdinand Sinaga (depan).

Pelatih: Leonardo Medina

Arema FC (4-3-3): Adilson Maringa (kiper); Rizky Dwi, Sergio Sila, Bagas Adi, Ahmad Alfarizi (belakang); Renshi Yamaguchi, Jayus Hariono, Evan Dimas (tengah); Dendi Santoso, Abel Camara, Ilham Udin Armaiyn (depan).

Pelatih: Joko Susilo

6 dari 6 halaman

Simak Posisi Klub Favorit Kamu di Bawah Ini:

Video Populer

Foto Populer